:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh penulisan nominal denda terhadap keengganan untuk melanggar peraturan lalu lintas dengan moderasi probabilitas penangkapan dan pengalaman ditilang = The effect of nominal representation of fines on deterrence of traffic regulations violations moderated by probability of conviction and fined experience

Clara Sovia Lestari; Harry Susianto, supervisor; Julia Suleeman, examiner; Bagus Takwin, examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penulisan nominal denda terhadap ketaatan pada peraturan lalu lintas. Variasi penulisan nominal denda adalah dituliskan dalam rupiah lama (Rp) dan rupiah baru hasil redenominasi (Rb). Partisipan penelitian adalah 127 pria yang sudah bekerja dan mengendarai sepeda motor sebagai alat transportasi dari dan ke tempat kerja. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu partisipan yang pernah ditilang ketika berkendara di jalan raya dalam waktu satu tahun terakhir dan yang tidak pernah ditilang. Dalam penelitian ini juga dilihat efek moderasi dari probabilitas penangkapan dan pengalaman ditilang pada pengaruh penulisan nominal denda terhadap ketaatan pada peraturan lalu lintas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan ketaatan pada partisipan dalam kondisi penulisan nominal denda dalam rupiah lama (Rp) dan rupiah baru hasil redenominasi (Rb). Probabilitas penangkapan dan pengalaman ditilang tidak terbukti memoderasi pengaruh penulisan nominal denda terhadap ketaatan pada peraturan lalu lintas. Analisis tambahan yang dilakukan menunjukkan faktor lain yang mungkin mempengaruhi ketaatan seseorang pada peraturan lalu lintas.

This study aims to analyze the effect of nominal representation of fine on deterrence in violating traffic regulations. Variations of nominal representation of fine are fines which is presented in the current currency (Rp) and the new currency as a result of redenomination (Rb). Participants of this study are 127 working males who ride motorcycles as their daily transport to work. Participants are divided into two groups, namely those who had been fined for violating traffic regulations in the last 12 months and those who had not been fined for the same said reason. This study also examines the moderating effect of probability of conviction and fined experience on the nominal representations of fine on obedience towards traffic regulations. Participants in the current currency representation of fine show higher obedience towards traffic regulations. Probability of conviction and fined experience do not moderate the effect of nominal representation of fine on obedience towards traffic regulations. Additional analysis shows other factor which might affect one?s deterrence in violating traffic regulations.

 File Digital: 1

Shelf
 S58978-Clara Sovia L.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S58978
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 54 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58978 14-20-740894236 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412469