:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dengan penerapan self regulated learning pada mahasiswa = The relationship between perception of father involvement and implementation of self regulated learning on university students

Isna Nur Hayatinnisa; Stephanie Yuanita Indrasari, examiner; Lucia R.M. Royanto, supervisor; Fivi Nurwianti, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dalam domain afektif dan domain perilaku dengan penerapan self-regulated learning pada mahasiswa. Variabel keterlibatan ayah diukur dengan menggunakan The Father Involvement and Nurturant Fathering Scales: Retrospective Measures for Adolescent and Adult Children yang dikembangkan oleh Finley dan Schwartz (2004), sedangkan variabel self-regulated learning diukur menggunakan alat ukur Self-Regulated Learning yang disusun oleh Hariseno (2012). Penelitian melibatkan 283 mahasiswa tahun pertama berusia 18 hingga 21 tahun yang berasal dari berbagai perguruan tinggi.
Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dalam domain afektif dan domain perilaku dengan penerapan SRL pada mahasiswa (r = 0.193, p<0.01, two-tailed; r = 0.247, p<0.01, two-tailed). Hasil tersebut menunjukkan bahwa peran ayah dalam pengasuhan perlu diperhatikan karena berhubungan dengan perkembangan anak dalam aspek akademik.

This study examined the relationship between perception of father involvement, consists of father nurturance and reported father involvement, and implementation of self-regulated learning on university students. Father involvement was measured using The Father Involvement and Nurturant Fathering Scales: Retrospective Measures for Adolescent and Adult Children by Finley and Schwartz (2004) and self-regulated learning was measured using Self-Regulated Learning scale by Hariseno (2012). This study involved 283 first-year students aged 18 to 21 years old from various universities.
The result indicated that there is a positively significant relationship between both domains of father involvement (father nurturance and reported father involvement) with implementation of self-regulated learning on university students (r=0.193, p<0.01, two-tailed; r=0.247, p<0.01, two-tailed). This result showed that father involvement should get more attention because it has a correlation with children?s development on academic aspect.

 File Digital: 1

Shelf
 S591350-Isna Nur H.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S59135
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : Ind;
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 59 pages : 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59135 14-22-64222912 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412558