:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh jenis teks dan tampilan gambar terhadap ingatan siswa pada materi pelajaran ilmu pengetahuan alam tingkat Sekolah Menengah Pertama = The influence of text and picture types on Junior High School students memory upon science material / Hanisa Amalina

Hanisa Amalina; Dyah Triarini Indirasari, examiner; Edward Andriyanto Soetardhio, examiner; Patricia Adam, examiner ([Publisher not identified] , 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jenis teks dan tampilan gambar terhadap kemampuan mengingat materi pelajaran IPA tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dan terdapat dua eksperimen yang dilakukan. Pada eksperimen I, peneliti memanipulasi jenis teks dengan dua variasi, yaitu teks yang berisi definisi dan teks yang berisi analogi. Pada eksperimen II, manipulasi tampilan gambar terdiri dari tiga variasi, yaitu tidak terdapat gambar, gambar tunggal, dan gambar berurutan. Ketiganya dibuat berdasarkan Teori Kognitif pada Pembelajaran Multimedia oleh Mayer (2003). Pengukuran terhadap ingatan dilakukan dengan memberikan soal yang berkaitan dengan materi yang ditampilkan sebelumnya. Dugaan yang dibuat oleh peneliti adalah jenis teks analogi dan gambar berurutan secara signifikan memiliki skor ingatan lebih tinggi. Secara keseluruhan, hasil dari kedua eksperimen ini tidak menunjukkan adanya skor yang secara signifikan lebih tinggi pada kelompok yang mendapatkan teks yang berisi analogi di eksperimen I dan kelompok yang mendapatkan gambar berurutan di eksperimen II.

ABSTRACT
This study was conducted to examine the influence of text and picture types on junior high school students? memory upon Science material. This is an experimental study consisting of two experiments. In Experiment I, the researcher manipulated types of text into two variants: text with definition and text with analogy. In Experiment II, the researcher enhanced the types of text into three variants: without picture, with single picture, and with sequential pictures. The three variants were designed based on Mayer?s Cognitive Theory in Multimedia Learning (2003). The respondents were given questions related to the presentation material. Memory assessment was conducted by scoring the participants based on their total correct answers. The researcher assumed that text with analogy and enhanced text with sequential pictures would significantly contribute to higher memory test score. Overall, both experiments showed that there is no significant higher score in group that received text with analogy in Experiment I and group that received text with sequential pictures in Experiment II.

 File Digital: 1

Shelf
 S60650-Hanisa Amalina.pdf :: Unduh

 Metadata

No. Panggil : S60650
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 63 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S60650 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412630