Hubungan antara sikap terhadap pendidikan inklusif dan strategi pengajaran guru pada smp negeri inklusif dan smp swasta inklusif = Relationship between attitudes toward inclusive education and teaching strategies of teacher in inclusive private and public middle school / Dominika Arthalia Ayunda Putri
Dominika Arthalia Ayunda Putri;
Farida Kurniawati, supervisor; Tjut Riefameutia Umar Ali, examiner; Ina Saraswati, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)
|
The aim of this research is to find the relationship between the attitude towardeducation inclusive and teacher teaching strategy, as well as comparison ofattitudes toward inclusive education and teaching strategies in the inclusiveprivate and public middle school teacher. The sample in this study as many as 59respondents with non probability sampling. This research using measuringinstrument MATIES VI and BCSQ VI. The results of this research did not finddifferences in attitude in the inclusive public and private Junior High Schoolteacher, as well as teaching strategies in the inclusive private and public juniorhigh school teacher. The research also not find the existence of a significantrelationship between attitudes towards inclusive education with teaching strategiesin Inclusive Private middle school teacher. However, in the inclusive middleschool teachers found some related components on attitudes towards inclusiveeducation with teaching strategies. Suggestions that given for further research areexpanding the number of respondents and the school, considering the time of datacollection, include a method of observation and interviews, and reexamine thevalidity of the measuring instrument. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mencari adanya hubungan antara sikap terhadap pendidikan inklusif dan strategi pengajaran guru, serta perbandingan sikap terhadap pendidikan inklusif dan strategi pengajaran pada guru SMP Swasta dan Negeri Inklusif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 responden dengan teknik non probability sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur MATIES VI dan BCSQ VI sebagai instrumennya. Hasil penelitian tidak menemukan adanya perbedaan sikap pada guru SMP Negeri dan Swasta Inklusif serta strategi pengajaran pada guru SMP Swasta dan Negeri Inklusif. Penelitian ini juga tidak menemukan adanya hubungan yang signifikan antara sikap terhadap pendidikan inklusif dengan strategi pengajaran pada guru SMP Swasta Inklusif. Pada guru SMP Negeri Inklusif ditemukan beberapa komponen yang berhubungan pada sikap terhadap pendidikan inklusif dengan strategi pengajaran. Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya antara lain memperbanyak jumlah responden dan sekolah, mempertimbangkan waktu pengambilan data, menyertakan metode observasi dan wawancara, dan menguji ulang validitas alat ukur. |
![]()
|
No. Panggil : | S59279 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 64 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S59279 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412682 |