Analisis persepsi konsumen atas logo perusahaan terhadap citra perusahaan dan reputasi perusahaan studi kasus Lea Jeans = Analysis of consumer perception on corporate logo towards corporate image and corporate reputation case study Lea Jeans / Iena Absharina Haq
Iena Absharina Haq;
Sisdjiatmo Kusumosuwidho Widhaningrat, supervisor; Dwi Widiastri, examiner; Sri Rahayu Hijrah Hati, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)
|
[Saat ini konsumen dihadapkan dengan banyaknya pilihan merek. Rata-ratakonsumen terpapar lebih dari 600 pesan iklan setiap harinya, sehingga mereksemakin sulit diingat oleh konsumen. Logo diyakini dapat menjadi bentuk stimuliyang dapat membuat konsumen mengenali dan mengingat identitas sebuah merekdan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yangberpengaruh signifikan di dalam model Favourability on Corporate logo terhadapCorporate Image dan Corporate Reputation.Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dan deskriptifyang dilakukan satu kali dalam satu periode (cross sectional design). Penelitimenggunakan sampel 130 orang yang pernah membeli produk Lea Jeans denganmetode nonprobability sampling dan teknik convenience sampling. Metodeanalisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, uji reliabilitas, validitas(analisis faktor), dan analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)dengan pendekatan Partial Least Square (PLS).digunakan sebagai alat bantupenelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dansignifikan dari typeface, design dan color terhadap Corporate Logo, sedangkanvariabel Corporate Name menunjukkan hasil yang tidak signifikan. KemudianCorporate Logo memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap CorporateImage. Saran dari penelitian ini adalah agar para manajer ikut dalam prosespembuatan logo dan secara teknis menonjolkan unsur visual untuk logo yangdisukai., Currently consumers are faced with more choices and brands. The averagenumber of consumers were exposed to advertising messages is more than 600each day, making the brand more difficult to be remembered by the consumer.Logo is believed to be a form of stimuli that can make consumers recognize andremember the identity of a brand and company. This study aims to determinewhich variables have a significant effect in the model favourability on Corporatelogo on Corporate Image and Corporate Reputation.This study design using exploratory and descriptive research carried outone time in one period (cross sectional design). Researcher used samples of 130people who have bought the product Lea Jeans with nonprobability methods ofsampling and convenience sampling technique. Data analysis method used isfrequency distribution, test reliability, validity (factor analysis), and analysis usingStructural Equation Modeling (SEM) approach Partial Least Square (PLS).digunakan as a tool for research.These results indicate that the presence of positive and significant impactof typeface, design and color of the Corporate Logo, while the Corporate Namevariables showed unsignificant results. Then Corporate Logo has positive andsignificant impact on the Corporate Image. Suggestions from this study is thatmanagers should involved in creating prosess of logoo and visual elements toaccentuate the preferred logo.] |
S60626-Iena Absharina Haq.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S60626 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 108 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S60626 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412741 |