Status hukum security token banking aplikasinya dalam perlindungan konsumen = The legal status of banking security token application in consumer protection / Narendranaatha Hartarto
Narendranaatha Hartarto;
Mas Achmad Santosa; Abdul Salam, promotor; Henny Marlyna, examiner
([Publisher not identified]
, 2014)
|
ABSTRAK Tulisan ilmiah ini membahas tentang Internet Banking, khususnya mengenailegalitas ‘security token’ dalam perlindungan konsumen. Metode penelitian ABSTRACT This thesis is about Internet banking, specifically the legality of the ‘securitytoken’ in regards to consumer protection. The research methodology is donethrough the qualitative method, where the analyses are done through comparingcases based on interviews, and from public records available throughout the mediaspectrum, with existing and prevailing regulation. The interviewees give differentperspectives of the existing regulations concerning banking, informationtechnology consumer protection. The conclusion of the research is that the ebankingcustomer’s legal standing is lower than that of the bank. Therefore, thereneeds to be provisions made to ensure equitable customer protection. This thesisoffers some ideas to improve the law that governs the liability for bankingcustomer by the bank and all stakeholders involved, in the event of bankingsecurity token malfunctioning by use or misuse from parties.kualitatif melalui wawancara beberapa narasumber dan penelitin sumber tertulisdi media massa digunakan untuk mengumpulkan berbagai kasus danmenganalisanya dengan 6 perjanjian antara bank di Indonesia dengan nasabahserta perundang-undangan yang berlaku saat ini. Hasilnya, para narasumbertersebut memberikan berbagai sudut pandang yang berbeda mengenai perundanguandanganyang berlaku mengenai perbankan, teknologi informasi danperlindungan konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedudukan hukumkonsumen e-banking lebih lemah dibandingkan pihak bank. Untuk itu diperlukanketentuan perundang-undangan yang lebih menjamin keadilan dalam halperlindungan konsumen. Tulisan ilmiah ini mengajukan beberapa usulan untukmemperbaiki perlindungan hukum terhadap konsumen yang dijalankan oleh bankdan semua pihak yang berkepentingan, agar ‘security token’ bank tidakdisalahgunakan oleh pihak manapun |
![]()
|
No. Panggil : | S59924 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | eng |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 87 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S59924 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412869 |