[Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh aktivitaspelabuhan terhadap perekonomian Indonesia dilakukan melalui analisis angkapengganda (multiplier analysis), analisis kontribusi (share analysis) danketerkaitan antar sektor pelabuhan Indonesia; (2) Untuk menganalisis posisipelabuhan dalam sektor kunci perekonomian Indonesia; (3) Untuk menganalisisdampak investasi PT. Pelabuhan Indonesia (BUMN) terhadap pendapatan(income) dan nilai tambah bruto (NTB) perekonomian Indonesia.Adapun data yang digunakan menggunakan data-data yang dipublikasikanoleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Universitas Indonesia (UI) khususnyaadalah Tabel Input Output 2008 Updating dan 2010. Alat analisis yang digunakanadalah menggunakan pendekatan analisis Input-Output, yaitu angka pengganda(multiplier analysis), analisa keterkaitan antar sektor (forward-backward linkage),analisis kontribusi (share analysis) dan analisis dampak investasi terhadappendapatan (income) dan nilai tambah bruto (NTB) sektor-sektor perekonomianIndonesia.Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) Sektor-sektor pelabuhan memiliki nilaiangka pengganda output yang relatif besar dan angka pengganda pendapatan yangrelatif kecil. Hal ini menunjukkan bahwa 4 (empat) sektor terpilih yaitu JasaPenunjang Angkutan, Jalan, Jembatan dan Pelabuhan, Angkutan Laut dan IndustriKapal dan Jasa Perbaikannya, memiliki potensi penciptaan output yang besar daripermintaannya, tetapi memiliki sedikit potensi penciptaan pendapatan rumah tangga, hal ini disebabkan karena 4 (empat) sektor ini hanya sedikit menggunakaninput yang berasal dari rumah tangga atau hanya menyerap sedikit tenaga kerjarumah tangga. (2) Koefisien teknologi tahun 2008 dan 2010, terdapat perbedaansehingga terjadi perubahan teknologi dalam proses produksi outputperekonomian. Sektor Jalan, Jembatan dan Pelabuhan merupakan sektor yangmemiliki kontribusi output (output share) dan kontribusi permintaan antara(intermediate demand) tertinggi.(3) Sektor Kunci perekonomian, yaitu sektorJalan, Jembatan, dan Pelabuhan, Angkutan Laut, dan Jasa Penunjang Angkutan,sedangkan Industri Kapal dan Jasa perbaikannya masih belum menjadi sektorkunci perekonomian. (4) Stimulus investasi terhadap sektor-sektor pelabuhandapat meningkatkan distribusi pendapatan ke seluruh sektor-sektor perekonomianlainnya dan terjadi peningkatan total pendapatan dari output seluruhperekonomian.(5) Stimulus investasi terhadap sektor-sektor pelabuhan dapatmeningkatkan nilai tambah bruto (NTB) ke seluruh sektor-sektor perekonomianlainnya dan terjadi peningkatan total NTB dari output seluruh perekonomian.(6)penurunan dwelling time terhadap sektor-sektor pelabuhan dapat meningkatkannilai tambah bruto (NTB) ke seluruh sektor-sektor perekonomian lainnya danterjadi peningkatan total NTB dari output seluruh perekonomian, The purpose of this study were: (1) To analyze the effect of the port activityon the Indonesian economy is done through the multiplier analysis, analysis of thecontribution (share analysis) and linkages between Indonesian port sector; (2) Toanalyze the position of the port in the key sectors of the Indonesian economy; (3)To analyze the impact of investment and dwelling time on PT. PelabuhanIndonesia to earnings and gross value added Indonesian economy.The data that is being used from the data published by the Central StatisticsAgency (BPS) and the University of Indonesia (UI) in particular is Updating InputOutput Table 2008 and 2010. The analysis tool used is using the Input-Outputanalysis approach, the multiplier analysis, forward-backward linkage analysis, theanalysis of the contribution (share analysis) and the analysis of investment impacton income and gross value added the Indonesian economy sectors.The conclusion is (1) Sectors port multiplier output value is relatively largeand income multiplier is relatively small. This shows that 4 (four) selected sectorsnamely Supporting Services Transport, Roads, Bridges and Ports, Sea Transportand Industrial Ship and Improvement Services, has a great potential outputcreation of demand, but it has small potential for the creation of householdincome, this due to the 4 (four) sector is only inconsiderably small in using theinput that comes from households or just absorb small amount of household labor.(2) The coefficient of the technology in 2008 and 2010, there is a differenceresulting in a change of technology in the production process of the economy'soutput. Sector Roads, Bridges and Ports is the one that has the highest output share and intermediate demand. (3) The Roads, Bridges, and Ports, Sea Transport,Transport and Supporting Services are the key sectors of the economy, while theShipbuilding Industry and Services improvement is still not a key sector of theeconomy. (4) Stimulus investments to the port sectors can improve incomedistribution to all other sectors of the economy and an increase in total revenue ofthe output of the entire economy. (5) Stimulus investments to the port sectorscould increase the gross value added to throughout other sectors of the economyand an increase in the total value added of the output of the entire economy. (6)reduction in dwelling time for the Indonesian port could increase gross valueadded to all other sectors of the economy and an increase in the total value addedof the whole output economy] |