ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara komprehensif pengungkapanaktivitas CSR perusahaan konglomerasi di Indonesia dan India, yangdirepresentasikan oleh Astra Group (Indonesia) dan Tata Group (India) di Tahun2012 dan 2013 dengan memasukkan unsur budaya, sosial-ekonomi dan politik.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dankualitatif-deskriptif guna membandingkan tiga variabel utama penelitian, yaknimedia pengungkapan, peran CSR dalam perusahaan dan isi laporan CSR sehinggaPeneliti dapat menjustifikasi kelemahan dan keunggulan masing-masingperusahaan terkait pengungkapan praktik CSR-nya.Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal utama. Pertama, dari mediapengungkapan yang diteliti, Tata Group memiliki tingkat awareness yang lebihtinggi dibandingkan dengan Astra Group. Kedua, terkait dengan peran CSR dalamperusahaan, CSR merupakan suatu komitmen yang dipandang sebagai unsur yangstrategis oleh kedua perusahaan. Terakhir, isi laporan CSR kedua perusahaanmenyatakan bahwa praktik CSR yang diimplementasikan oleh Astra Group danTata Group dilandasi oleh unsur budaya, sosial-ekonomi dan politik masingmasingnegara. Berdasarkan tiga variabel yang telah diteliti, mengindikasikansecara khusus bahwa dalam isi laporan CSR, Astra Group lebih unggul terhadapkepatuhan standar pelaporan CSR terbaru sedangkan Tata Group lebih ungguldalam menyajikan informasi pada media pengungkapan CSR. ABSTRACT This study aims to describe comprehensively about CSR activities disclosure inIndonesia and India Conglomerates representated by Astra Group (Indonesia) andTata Group (India) in 2012 and 2013 by incorporatung cultural, socio-economicand political elements. The method used in this study are quantitative andqualitative-descriptive study comparing three main variables, namely mediadisclosure, role of CSR in the company and the content of the CSR report, thusresearcher can justify the weaknesses and advantages of each company relateddisclosure in their CSR practices.These result indicate three main points. First, from the disclosure media understudy, Tata Group has a higher level of awareness compared with Astra Group.Second, related to the role of CSR in the company, CSR is a commitment that isseen as a strategic element by both companies. Finally, about the content of CSRreport, both companies stated that the practice of CSR are influenced by culturalelements, socio-economic and politics of each country. Based on the threevariables that have been studied, indicating specifically that the content of theCSR report, Astra Group is superior to the latest CSR reporting standardscompliance while Tata Group is superior in presenting information to the mediadisclosure of CSR. |