:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Efektivitas trotoar kampus UI Depok pada hari kerja = Sidewalk effectiveness in Universitas Indonesia at working days

Saputri Nur Barlian; Abimanyu T. Alamsyah, supervisor; Dalhar Susanto, examiner; A. Sadili Somaatmadja, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Jalur pejalan kaki atau yang biasa kita sebut sebagai ?trotoar? memiliki peranan yang sangat penting untuk membentuk satu komunitas yang berkelanjutan, efisien, dan sehat. Hal ini dikarenakan jalur trotoar merupakan salah satu elemen penting dalam sistem transportasi dan perencanaan sebuah kota atau kawasan.
Di UI sendiri, kampus UI Jakarta di Salemba telah pindah ke Depok yang mengakibatkan jumlah mahasiswa bertambah. Hal ini memberi dampak adanya kebutuhan akan perencanaan sistem transportasi yang lebih efektif dan lebih mudah dijangkau. Kita tahu di UI terdapat dua moda transportasi yang bisa diakses oleh umum baik oleh sivitas UI maupun non UI, yaitu bis kuning dan sepeda kuning. Akan tetapi, kedua moda transportasi di atas memiliki batasan yaitu pada waktu operasional, lokasi jangkauan, dan jumlahnya. Oleh karena itu, berjalan masih menjadi pilihan utama bagi sivitas UI ketika menuju ke kampus atau kembali dari kampus.
Sebagai salah satu Kampus Hijau di Indonesia, Universitas Indonesia telah memberikan perhatiannya kepada jalur pejalan kaki. Akan tetapi, sudahkah efektif jalur pejalan kaki di UI? Dalam skripsi ini, saya membuat sebuah kesimpulan dari hasil pengamatan tentang sejauh mana UI mengakomodasi kebutuhan pejalan kaki dan sejauh mana efektivitas trotoar di Kampus UI Depok serta bagaimana pandangan sivitas UI tentang jalur pejalan kaki di UI.

Sidewalks or usually we call it ?trotoar? have very important role in making efficient, healthy, and sustainable community. Sidewalks or trotoar are one of the essential elements in transportation system which is often forgotten or not even be a part in planning of a city or region.
As time passed by, Universitas Indonesia has moved their campus from Jakarta to Depok and the numbers of students also has been increasing significantly. This implies on the need of more effective and easily-accessible transportation system. As we know, Universitas Indonesia has two public transportation, those are yellow busses and yellow bikes. However, these two tranportation modes still have limited regarding their operational hours, scope, and numbers. Therefore, walking still remain as an option for students to go and back from campus.
As one of green campus in Indonesia, Universitas Indonesia has given concerns on sidewalks. But, do those sidewalks effective? This thesis has been concluded an observation on how far UI accomodates the needs of pedestrians and also what do UI students generally view about sidewalks in UI?

 File Digital: 1

Shelf
 S61200-Saputri Nur Barlian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S61200
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 84 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61200 14-22-80139606 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413303