Konstruksi nilai barang virtual dalam fenomena real money trade : studi kasus enam pemain game online = Value construction of virtual object in real money trade a case study of six gamers/ Muhammad Arief Rahadian
Muhammad Arief Rahadian;
Raphaella Dewantari Dwianto, supervisor; Lugina Setyawati Setiono, examiner; Daisy Indira Yasmine, examiner
([Publisher not identified]
, 2015)
|
ABSTRAK Dalam beberapa tahun terakhir, dunia dikejutkan dengan perkembanganpesat industri Massive Multiplayer Online Game (MMOG). MMOG, atau yangbiasa disebut dengan ?game online? merupakan jenis video game yangmemungkinkan terjadinya interaksi antar pemain terlepas dari batasan geografis.Salah satu ciri khas dari MMOG adalah fenomena Real Money Trade (RMT), ataupenjualan barang-barang virtual dengan tujuan mendapatkan mata uang asli.Penelitian kualitatif ini berusaha mengeksplorasi nilai barang virtual dari pihakpembeli dan penjual yang terlibat dalam RMT. Penelitian ini juga berusaha untukmenemukan faktor-faktor yang terlibat dalam penilaian barang virtual oleh keduapihak tersebut.Dengan menggunakan padangan Simmel mengenai filosofi uang, penelitianini menghasilkan beberapa temuan. Pertama, jarak individu terhadap barangmenentukan apakah sebuah barang virtual bernilai, atau tidak. Jarak individuterhadap barang sendiri bersifat dinamis dan turut dipengaruhi oleh lingkungansosial individu. Kedua, terdapat dualitas posisi antara penjual dan pembeli yangdisebabkan oleh cairnya jarak antara individu dan barang. Sebuah barang yangsudah dibeli bisa dianggap tidak bernilai di kemudian hari, berujung pada penjualanbarang tersebut. Ketiga, pembelian dan penjualan dapat dilihat sebagai permainanjarak, dimana penjual mengorbankan jarak antara dirinya dengan barang yangdijualnya untuk melampaui jarak antara dirinya dan barang lain yangdiinginkannya. ABSTRACT In the past few years, the world witness the rapid growth of gaming industry,especially Massive Multiplayer Online Game (MMOG) industry. MMOG, or onlinegame is a type of video game which allows the user interact with the other users,despite the sheer geographical and social boundaries. One of the most remarkablething happening in MMOG is the phenomena of Real Money Trade (RMT). RMTis defined as selling virtual objects in order to get real currency. This qualitativestudy embark on a mission to discover, and to some extend, explore the underlyingfactors behind the values of virtual objects in the eyes of both the buyers and thesellers.This paper is using Simmel?s thought on the value of object from his work?The Philosophy of Money? as a theoritical base. There are some interestingfindings found from the data in this paper. First, The distance between theindividual and the object matters. The distance itself is constantly changing andbeing affected by the indvidual?s social environment. Second, there is some kind ofduality in the position of buyers and sellers. The value of an object, that is constantlychanging can make the holder seek for the other object that they desire, selling thefirst object in the process, turning them from buyers into sellers. Third, the act ofbuying and selling can be seen as a distance-play, where the buyer sacrifice hisdistance with the object that he doesn?t value in order to get the object that he wants. |
S60954-Muhammad Arief Rahadian.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S60954 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 87 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S60954 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413318 |