:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Modalitas dalam representasi identitas pada waria (studi terhadap modalitas berdasarkan perspektif Bourdieu) = The capital in identity representation of waria (study of capital based on Bourdieu's perspective) / Roy Obet Purba

Purba, Roy Obet; Lugina Setyawati Setiono, supervisor; Martin Dominikus Tjandra ([Publisher not identified] , 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Waria ada dalam kehidupan masyarakat. Sebagai seorang waria tentunya akan dihadapkan dengan persoalan hidup yang berkaitan dengan bagaimana mereka mengungkapkan identitas dirinya (coming out) sebagai waria dan merepresentasikan identitasnya tersebut. Nilai dan norma patriarkhi serta heteroseksual yang dipegang teguh oleh sebagian masyarakat di Indonesia memiliki kecenderungan untuk menolak kehadiran kaum waria. Namun, tidak bisa dipungkiri jika peran serta jumlah waria dalam masyarakat terus berkembang, begitu juga dengan pergerakan yang mereka lakukan untuk mendapatkan pengakuan identitas di masyarakat dan juga di negara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran modalitas dalam representasi identitas kewariaan serta bagaimana waria membangun self identity-nya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif peneliti ingin melihat bagaimana modalitas berperan dalam reprsentasi identitas pada waria dalam kehidupannya sehari hari. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah wawancara mendalam. Representasi identitas pada waria ternyata dipengaruhi oleh peran modalitas yang mereka miliki. Modal tersebut bisa saja merupakan modal ekonomi, sosial, budaya (kultural) dan juga simbolik. Dengan kata lain, modal memainkan peran dalam representasi identitas waria di dalam sebuah arena. Selain itu juga penerimaan dari aktor-aktor yang bereperan dalam kehidupan sehari hari mereka akan sangat dibutuhkan juga.

ABSTRACT
Waria (trangender male to female) is a part of society. Warias face several problems rWaria ada dalam kehidupan masyarakat. Sebagai seorang waria tentunya akan dihadapkan dengan persoalan hidup yang berkaitan dengan bagaimana merekaelated to how they express and represent their identity (coming out) as a waria. Values and norms in patriach and heterosexual system that strongly hold by society in Indonesia tend to reject the existence of waria. However, the role and number of waria are increasing day by day, and the movement to gain the acceptance in the society as well. With qualitative approach, the author wants to know how the capital plays in identity representation of waria in daily life. Methods used for datas collection are deep interview and observation. Identity representation of warias is actually affected by the capital they have. The capital itself can be economic, social, cultural and symbolic. In other words, capital plays a role in waria?s identity representation in a field of life. Moreover, the acceptance from the main actor that take plays in their daily life will also be needed.

 File Digital: 1

Shelf
 S62184-Roy Obet Purba.pdf :: Unduh

 Metadata

No. Panggil : S62184
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 113 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62184 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413372