:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pola kelembaban tanah di Kabupaten Kebumen tahun 2013 dan 2014 = Soil moisture pattern in Kebumen regency years 2013 and 2014

Julham Maulana; Tarsoen Waryono, examiner; Tito Latif Indra, supervisor; Rokhmatuloh, examiner; Tarsoen Waryono, examiner; Revi Hernina, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Kelembaban tanah sangat berpengaruh pada kehidupan manusia, terutama pada wilayah pertanian seperti Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola spasial dan variasi kelembaban tanah menurut jenis tanah, lereng, ketinggian, penggunaan tanah serta pengaruh curah hujan di Kabupaten kebumen pada tahun 2013 dan 2014. Data kelembaban tanah pada penelitian didapatkan menggunakan metode segetiga dalam pengolahan citra.
Berdasarkan hasil analisis overlay dan penghitungan statistik, kelembaban tanah di Kabupaten Kebumen yang relatif kering cenderung berada pada wilayah tengah Kabupaten Kebumen yang didominasi oleh lahan terbangun dengan ketinggian dan kemiringan lereng yang relatif rendah dan seragam, sedangkan kelembaban tanah normal cenderung berada pada bagian utara dan barat daya Kabupaten Kebumen yang didominasi oleh tutupan lahan vegetasi alami dengan ketinggian dan kemiringan lereng yang relatif lebih besar. Kelembaban tanah Kabupaten Kebumen dipengaruhi oleh curah hujan, terutama pada curah hujan 20 hari sebelumnya.

Soil moisture is very influential in human life, especially in agricultural areas such as Kebumen. This study aims to determine the spatial patterns and variations in soil moisture by soil type, slope, elevation, land use and the influence of rainfall in Kebumen Regency in 2013 and 2014. Soil moisture obtained using triangle method from image processing.
Based on overlay analysis and statistic calculation, soil moisture which is relatively dry in Kebumen tend to found at the center Kebumen region which dominated by the build-up land cover with altitude and slope are relatively low and homogenous, while the normal soil moisture tends to found at the north and southwest Kebumen, dominated by natural vegetation land cover with altitude and slope are relatively larger. Kebumen soil moisture influenced by rainfall, especially on rainfall 20 days earlier.

 File Digital: 1

Shelf
 S61206-Julham Maulana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S61206
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 59 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61206 14-22-16416284 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413551