Analisis model Superleadership Dahlan Iskan di PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) periode 2009-2011 = Analysis of Dahlan Iskan Superleadership model in PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) 2009-2011
Ghalih Pringgo Mukti;
Muh. Azis Muslim, supervisor; Mohammad Riduansyah, examiner; Eko Sakapurnama, examiner
(Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015)
|
Skripsi ini membahas mengenai model superleadership Dahlan Iskan yang diterapkan semasa kepemimpinan di PT Perusahaan Listrik Negara yang berorientasi pada pemberdayaan pegawai dan perubahan BUMN tersebut. Teori utama yang digunakan adalah teori Superleadership dari Charles C. Manz dan Henry P. Sims Jr . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pos positivis dengan teknik pengumpulan data kualitatif, melalui wawancara mendalam sebagai data primer dan biografi sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dahlan Iskan mampu memicu self-leadership dalam setiap jenjang seperti yang dijelaskan dalam teori Superleadership, yaitu memimpin individu untuk memimpin diri sendiri, memimpin tim untuk self leadership, memimpin budaya organisasi untuk self-leadership. Upaya yang dilakukan dengan mencontohkan perilaku kepemimpinan yang memberdayakan pegawai, dan tim kerja seperti membangun antusiasme, membangun kepercayaan pada generasi muda untuk memimpin, konsisten menerapkan perilaku kepemimpinan postif lainnya hingga menciptakan budaya organisasi. A Thesis discusses about Dahlan Iskans Superleadership Model that was applied during his leadership in PT Perusahaan Listrik Negara which oriented to empowerment of employee and change that BUMN. Charles C. Manz and Henry P. Sims Jr. Superleadership theories used as the main theory. This research uses post positivist approach with qualitative data collecting technique, through indepth interview as a primer data and biography as the sekunder data. The result from the research shows that Dahlan Iskan could triggering self-leadership in each stage such the explanation of leadership theory before, namely individual leadership to lead themself, lead a team to self-leadership, lead organizationanl culture to self-leadership. The efforts made by practicing leadership behavior that empower employee and team, such as build enthusiasm, build trust young generation to lead, and consistently apply another positive leadership behaviors, to create a culture of the organization. |
![]()
|
No. Panggil : | S61166 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online source |
Deskripsi Fisik : | xiv, 126 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S61166 | 14-23-29780104 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413575 |