:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Variasi leksikal pada anak dan remaja berbahasa Indonesia = Lexical variation of Indonesian spoken children and adolescent

Ajeng Yananda Putri; Bernadette Kushartanti, supervisor; Mantik, Maria Josephine, examiner; R. Niken Pramanik, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Usia anak dan remaja berada pada tahap perkembangan bahasa yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat berpengaruh pada variasi leksikal yang digunakan oleh kedua usia tersebut. Penelitian ini membahas mengenai variasi leksikal bahasa Indonesia pada anak dan remaja. Variasi leksikal yang dibahas pada penelitian ini tidak hanya pada tataran kata, pada data juga muncul tataran frase dan klausa. Fokus analisis dibagi menjadi tiga, yaitu penggunaan bahasa, struktur, dan kategori. Secara keseluruhan, usia anak dan remaja lebih banyak menggunakan bahasa tidak bermarkah. Struktur yang paling banyak digunakan anak dan remaja adalah kata dasar. Kategori yang paling banyak digunakan oleh anak adalah kata nomina, sedangkan remaja kata ajektiva. Perbedaan penggunaan kategori tersebut hanya bersifat kecenderungan dan tidak signifikan.

Children and adolescents have different stages in language development. Such differences may affect the lexical variation used by both age. This paper discusses the lexical variation of Indonesia language by children and adolescents. Lexical variation that discussed in this study not only at words level, in data also appear phrases and clauses. The focus of the analysis is divided into three, language use, structure, and categories. Overall, children and adolescents use more unmark language. The most used structure of children and adolescents are basic words. Category that most widely used by children is noun, while adolescents used adjective. Differences in the use of these categories is not significant.

 File Digital: 1

Shelf
 S61402-Ajeng Yananda Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S61402
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 157 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61402 14-22-46788014 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413627