:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Uji spatial sign multivariat yang distandardisasi untuk menguji independensi dua vektor = Standardized multivariate spatial sign test to testing independence between two vectors

Didi Harlianto; Yekti Widyaningsih, supervisor; Dian Lestari, supervisor; Titin Siswantining, examiner; Fevi Novkaniza, examiner; Mila Novita, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Uji independensi dua buah vektor adalah suatu uji yang sering dilakukan saat melakukan analisis multivariat pada data. Uji independensi dua buah vektor dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antar tiap variabel yang terdapat pada vektor pertama dengan tiap variabel yang ada pada vektor kedua. Uji yang umum dilakukan adalah uji rasio likelihood. Uji rasio likelihood mengasumsikan data berasal dari populasi yang berdistribusi normal multivariat sehingga mungkin saja akan terjadi penurunan performa pada uji ini apabila digunakan pada data yang tidak berasal dari populasi yang berdistribusi normal multivariat. Pada skripsi ini dibahas mengenai uji spatial sign multivariat yang distandardisasi yang dapat digunakan pada data yang berasal dari populasi yang berdistribusi eliptik.

Independence test of two vectors is a test that frequently used in multivariate analysis. Independence test of two vectors is used to investigate dependence of a variable in the first vector to a variable in the second vector. The common test of independency between two vectors is the likelihood ratio test. This test assumes multivariate normal of the data so if the datas not normally distributed, the ratio likelihood test have decreasing performance. This undergraduate thesis developed standardized multivariate spatial sign test which is can be used for elliptical distribution data.

 File Digital: 1

Shelf
 S61246-Didi Harlianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S61246
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 32 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61246 14-23-20235601 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413734