Pengaruh social media terhadap emosi brand relationship quality dan word of mouth (WOM) pada penonton konser di Indonesia = The influence of social media towards emotions brand relationship quality and word of mouth WOM on concert s attendances in Indonesia / Yulia Rahmadini
Yulia Rahmadini;
Rizal Edy Halim, promotor; Karto Adi Wijaya, examiner; Adi Waksito, examiner
([Publisher not identified]
, 2015)
|
ABSTRAK Social media mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. DiIndonesia, sebanyak 72% pengguna internet menggunakan internet dengan alasanuntuk mengakses sarana komunikasi dan penggunaan social media merupakankegiatan utamanya. Hal ini mengindikasikan bahwa social media merupakanmedia komunikasi dan promosi yang tepat bagi brand. Industri musik merupakansalah satu bisnis yang memanfaatkan social media sebagai media komunikasisekaligus promosi khususnya konser musik. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh positif dan signifikan dari social media terhadap emosi danbrand relationship quality, serta hubungan kedua variabel tersebut terhadap wordof mouth (WOM) pada penonton konser. Penelitian ini menggunakan desainpenelitian deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode. Respondenpenelitian ini berjumlah 160 orang penonton konser dengan terakhir menontonkonser adalah 1 tahun terakhir. Model penelitian dengan lima hipotesis ini diujimenggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa interaksi social media dapat menimbulkan emotionalattachment. Emotional attachment yang dirasakan penonton konser akanberpengaruh postif dan signifikan terhadap brand relationship quality danmenciptakan word of mouth pada penonton konser ABSTRACT Social medias have been developing significantly from year to year. In Indonesia,72% of the internet users use the internet to access social medias. This indicatesthat social medias are effective brand communication and promotion tools. Musicis one of the business industry which utilizes social medias as communication andpromotion tools, especially related to music concerts. The purpose of this study isto identify the impacts and relationship of social medias towards emotionalattachment and brand relationship quality, then both of them towards word ofmouth (WOM) on concert?s attendances. This research uses descriptive designresearch conducted in one period (cross sectional design). Respondents of thisstudy are 160 persons who attended concerts in the last year. The five-hypothesesresearch model in this study is tested using the Structural Equation Modeling(SEM). This research shows that social media interaction may result in emotionalattachment. Emotional attachment felt by concert attendants may influencepositively and significantly to brand relationship quality and creates word ofmouth among the concert attendants |
S-Yulia Rahmadini.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 124 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413801 |