Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Tipe Carrier : volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : xii, 299 pages : illustartion ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T43736 15-25-33226618 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20414383
 Abstrak
Tesis ini bertujuan mengungkap dampak kapitalisme baru terhadap jurnalisme online. Kapitalisme baru dibangun dengan logika jangka pendek, yaitu proses harus berlangsung dengan cepat untuk mendapatkan keuntungan. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dan studi kasus sebagai strategi penelitiannya. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis berita. Metode analisis data, yaitu logika jangka pendek milik Richard Sennett. Determinasi teknologi mendorong perusahaan terus berubah sehingga memunculkan ketidakgunaan dan politik konsumsi yang menempatkan berita sebagai komoditas. Jurnalisme jangka pendek ditandai dengan berita ringkas, stripping, sensasional, berbagi konten, topik terhangat, dan viewers. Logika jangka pendek mengembalikan jurnalisme kuning ke media baru dan mengeksploitasi wartawan. ...... This thesis aims to reveal the impact of new capitalism on online journalism. The new capitalism emphasis on short-term thinking. The process must be fast and quick to gain profit for the company. This research uses a critical paradigm and case studies as a research strategy. Data are collected through interviews, observation, and content analysis. The method of data analysis is Richard Sennett's short-term thinking. Technological determination pushes media company to keep change. This process led to the uselessness and political consumption that put news become commodity. Short-term thinking on journalism characterized by concise news, stripping, sensational, sharing content, hot topic, and viewers. Short-term thinking brought yellow journalism to new media and exploit journalists