:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perbandingan metode pemilihan model grid search dan random search pada SVM dalam klasifikasi penilaian risiko kredit = Comparison of model selection methods grid search and random search on SVM in classification of credit risk scoring

Putroue Keumala Intan; Hendri Murfi, supervisor; Yudi Satria, supervisor; Djati Kerami, examiner; Suryadi, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Klasifikasi penilaian risiko kredit merupakan cara untuk meminimalisir kerugian yang akan dialami oleh bank. Salah satu metode klasifikasi yang digunakan untuk mengklasifikasikan karakteristik calon debitur adalah Support Vector Machine (SVM). SVM mempunyai kemampuan generalisasi yang baik untuk menyelesaikan masalah klasifikasi dalam jumlah data yang besar dan dapat menghasilkan fungsi pemisah yang optimal untuk memisahkan dua kelompok data dari dua kelas yang berbeda. Salah satu keberhasilan menggunakan metode SVM adalah proses pemilihan model yang akan mempengaruhi tingkat akurasi klasifikasi.
Metode pemilihan model yang digunakan pada tesis ini adalah metode grid search dan metode random search. Data dalam tesis ini menggunakan data sekunder dari database dalam UCI machine learning repository. Berdasarkan hasil simulasi untuk membandingkan nilai akurasi penggunaan metode pemilihan model pada SVM dalam klasifikasi penilaian risiko kredit, diperoleh bahwa metode random search belum mampu menghasilkan nilai akurasi yang lebih baik dari metode grid search.

 File Digital: 1

Shelf
 T44060-Putroue Keumala Intan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T44060
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 69 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44060 15-23-39118185 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20414932