ABSTRAKLatar Belakang : Polusi udara diperkirakan menyebabkan 1,2 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2004. Pengemudi mikrolet merupakan salah satu pekerjaan yang terpapar dengan polusi akibat gas buang kendaraan bermotor sehingga berisiko mengalami penurunan fungsi paru.Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar masalah penurunan fungsi paru tersebut dan untuk menentukan tindakan pencegahan baik primer maupun sekunder pada populasi tersebut.Metode : Studi potong lintang pada pengemudi mikrolet dikerjakan di terminal Kampung Melayu 2014. Data didapatkan berdasarkan wawancara, pemeriksaaan tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan spirometri, dan gula darah kapiler sewaktu. Studi deskriptif dilakukan dengan melihat proporsi variabel dan penentuan nilai rerata atau median.Hasil : Terdapat 101 orang subjek penelitian yang diambil secara purposive sampling. Proporsi pengemudi mikrolet yang telah bekerja selama lebih dari 10 tahun sebanyak 69,3%, perokok 76,2%, riwayat tuberkulosis 8,9%, sebanyak 44,6% mempunyai glukosa darah kapiler sewaktu > 140 mg/dl dan 34,7% mengalami obesitas. Proporsi pengemudi mikrolet yang mengalami penurunan fungsi paru sebesar 30,7% yang terdiri atas restriksi 90,3% dan obstruksi 9,7%. Penurunan fungsi paru tersebut lebih banyak terlihat pada subjek yang telah bekerja lebih dari 10 tahun dan mempunyai riwayat tuberkulosis paru.Simpulan : Proporsi penurunan fungsi paru didapatkan sebanyak 30,7% yang terdiri atas restriksi 90,3% dan obstruksi 9,7%. Penurunan fungsi paru lebih banyak pada subjek yang bekerja lebih dari 10 tahun dan subjek yang mempunyai riwayat tuberkulosis paru. ABSTRACTBackground : Mortality due to air pollution was estimated 1, 2 million deaths world wide in 2004. Microbus drivers are one of job that constantly exposed to air pollution and make them in high risk of lung function deterioration.Purpose: The aim of this study are to know the magnitude of problem of lung function deterioration and to determine actions both primary and secondary prevention in this population.Methods : This is a cross sectional study among microbus drivers that was conducted in Kampung Melayu station in 2014. Data are obtained from interview, measurement of body height and weight, spirometry and random capillary blood glucose. Descriptive analysis was calculated to obtain proportion of each variable and determining the mean or median value.Results : There were 101 subjects that meet the inclusion criteria from purposive sampling. Proportion of micro bus drivers who have worked more for than 10 years are 69,3%; smokers are 76,2%; having history of tuberculosis are 8,9%, around 44,6% have random capillary blood glucose > 140 mg/dl and 34,7% have obesity. There were 30,7% subjects with lung function deterioration (90,3% restriction and 9,7% obstruction). Lung function deterioration was found in those who have worked for more than 10 years, and have history of tuberculoses.Conclusion: The proportion of Lung function deterioration is 30,7% consisting of 90,3% restriction and 9,7% obstruction. Lung function deterioration was found mostly in those who have worked for more than 10 years, and those who have history of tuberculoses. |