[ABSTRAK Saat ini dunia sudah memasuki era ekonomi berbasis pengetahuan(Drucker.P, knowledge based economy atau knowledge economy).Knowledgeeconomy hadirsebagai suatu sistem ekonomi yang dikarakterisasi olehfaktor-faktor seperti globalisasi pasar dan teknologi, demokrasi dari informasi danekspektasi, konektifitas universal, intensitas kompetisi yang bersifat eksponensialmeningkat, pergeseran penciptaan kekayaan dari uang ke manusia dan knowledgeworkermarket yang makin bebas.Dalam era tersebut, setiap perusahaan harus selalu belajar dan mengelolapengetahuan yang dimilikinya agar menemukan cara untuk menumbuhkan danmembangun keunggulan sebagai suatu budaya organisasi sehingga mampu untukterus beradaptasi dan mendapatkan keuntungan. Ikujiro&Nonaka (ikujiro andnonaka, The Knowledge Creating Company,1995) mengemukakan Dalamteorinya, MODEL SECI , suatu model yang memposisikan pengetahuan sebagaisebuah proses manusiawi yang dinamis, menyangkut pembenaran terhadapkeyakinan pribadi atas sesuatu yang diyakini benar adanya. Selanjutnya sebagaidasar yang fundamental dari teori tersebut, memfokuskan perhatiannya kepadaaktivitas subyektif alami dari gambaran suatu pengetahuan, seperti komitmen dankebenaran, yang berakar dari dalam sistem-sistem nilai individu.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa baik informasi maupun pengetahuanadalah kondisi spesifik dan saling terkait yang tergantung kepada situasi serta interaksi sosial antara manusia yang terbentuk secara dinamis dalam suatupopulasi seperti organisasi. Penciptaan pengetahuan dalam suatu organisasi dapatdipahami sebagai sebuah proses dimana organisasi memperbesar penciptaanpengetahuan yang dihasilkan oleh individu sebagai anggota organisasi. Dengandemikian dapat dijelaskan bahwa pengetahuan hanya diciptakan oleh individu danorganisasi tidak dapat menciptakan pengetahuan tanpa individu tersebut.Dengan Kesadaran akan hal tersebut harmonisasi antara keberadaan karyawan dankebutuhan organisasi untuk mencapai sustainability development niscaya dapatterwujud. ABSTRACT Today the world has entered the era of the knowledge-based economy(knowledge economy), where Covey (2004) as written by Tobias (2007:4)describes that the knowledge economy as an economic system characterized bythe following factors: the globalization of markets and technology, informationand expectations of democracy, universal connectivity, the intensity ofcompetition that is exponential increase, a shift from money to wealth creationand increasingly human knowledge workers free market. In that era, everycompany must always learn and manage their knowledge in order to find ways togrow and build a culture of excellence as an organization so that they can getprofits.Organizational knowledge creation can be understood as a processwhereby organizations increase knowledge creation generated by the individual asa member of the organization. Thus it can be explained that the only knowledgecreated by individuals and organizations cannotbe created without the individual'sknowledge. , Today the world has entered the era of the knowledge-based economy(knowledge economy), where Covey (2004) as written by Tobias (2007:4)describes that the knowledge economy as an economic system characterized bythe following factors: the globalization of markets and technology, informationand expectations of democracy, universal connectivity, the intensity ofcompetition that is exponential increase, a shift from money to wealth creationand increasingly human knowledge workers free market. In that era, everycompany must always learn and manage their knowledge in order to find ways togrow and build a culture of excellence as an organization so that they can getprofits.Organizational knowledge creation can be understood as a processwhereby organizations increase knowledge creation generated by the individual asa member of the organization. Thus it can be explained that the only knowledgecreated by individuals and organizations cannotbe created without the individual'sknowledge. ] |