[ABSTRAK Bagian 1 Analisis SituasiSeni rupa berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan emosional dan fisik anBagian 1 : Analisis SituasiSeni rupa berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan, emosional, dan fisik anak. Namun, pembelajaran seni rupa di sekolah masih belum maksimal disebabkan oleh banyak faktor. Selain itu media seni rupa untuk anak di Indonesia masih minim. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan media seni rupa untuk anak. Bagian 2 : Manfaat dan Tujuan Pengembangan PrototypeManfaat bagi Khalayak :1. Memperoleh informasi seputar seni rupa Nusantara.2. Memberikan edukasi mengenai seni rupa.3. Membantu anak untuk mengapresiasi karya seni rupa Nusantara.4. Menjadi hiburan bagi anak dengan konten yang interaktif dan menarik.Manfaat bagi Penerbit:1. Menjadi institusi yang mengedukasi anak melalui seni rupa.2. Menjadi institusi yang dapat membantu anak mengapresiasi karya seni rupa.3. Memperoleh keuntunganTujuan :1. Memenuhi kebutuhan informasi anak mengenai seni rupa Nusantara.2. Membuka wawasan dan mengedukasi anak mengenai keragaman seni rupa Nusantara3. Membantu anak mengapresiasi karya seni rupa NUsantara4. Mencari keuntungan finansialBagian 3 : Prototype yang DikembangkanMajalah digital Kreasi Seru memberikan informasi seputar keragaman karya seni rupa di Indonesia yang dikhususkan untuk anak. Selain itu, majalah ini juga memberikan beberapa panduan pembuatan karya seni yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kreativitas. Khalayak sasaran adalah anak berusia 7-11 tahun, SES A dan B yang tertarik dengan seni rupa. Majalah ini terbit satu bulan sekali.Bagian 4 : EvaluasiPre-test, dilakukan sebelum majalah diterbitkan, menggunakan instrumen kuesioner. Evaluasi dilakukan setiap edisi dan setiap akhir tahun. Evaluasi ini mencakup tiga aspek yaitu evaluasi input, output, dan outcome. Evaluasi ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian antara kebutuhan khalayak dan pemenuhannya melalui media yang dibuat. Evaluasi ini juga dapat menganalisa apakah tujuan media ini tercapai atau tidak. Alat ukur dalam evaluasi ini adalah kuesioner, observasi, metrics, dan statistik data kunjungan pembaca ke situs e-magazine Kreasi Seru.Bagian 5 : AnggaranInvestasi awal : Rp 232.340.100Pengeluaran Setiap Bulan : Rp 95.500.000Pengeluaran Setiap Tahun : Rp 1.226.700.000Target Pendapatan Tahun 1 : Rp 832.028.500Target Pendapatan Tahun 2 : Rp 2.026.375.000BEP dicapai pada tahun kedua bulan pertamaak Namun pembelajaran seni rupa di sekolah masih belum maksimal disebabkan oleh banyak faktor Selain itu media seni rupa untuk anak di Indonesia masih minim Oleh karena itu Indonesia membutuhkan media seni rupa untuk anak Bagian 2 Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototyp eManfaat bagi Khalayak 1 Memperoleh informasi seputar seni rupa Nusantara 2 Memberikan edukasi mengenai seni rupa 3 Membantu anak untuk mengapresiasi karya seni rupa Nusantara 4 Menjadi hiburan bagi anak dengan konten yang interaktif dan menarik Manfaat bagi Penerbit 1 Menjadi institusi yang mengedukasi anak melalui seni rupa 2 Menjadi institusi yang dapat membantu anak mengapresiasi karya seni rupa 3 Memperoleh keuntunganTujuan 1 Memenuhi kebutuhan informasi anak mengenai seni rupa Nusantara 2 Membuka wawasan dan mengedukasi anak mengenai keragaman seni rupa Nusantara3 Membantu anak mengapresiasi karya seni rupa NUsantara4 Mencari keuntungan finansialBagian 3 Prototype yang DikembangkanMajalah digital Kreasi Seru memberikan informasi seputar keragaman karya seni rupa di Indonesia yang dikhususkan untuk anak Selain itu majalah ini juga memberikan beberapa panduan pembuatan karya seni yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kreativitas Khalayak sasaran adalah anak berusia 7 11 tahun SES A dan B yang tertarik dengan seni rupa Majalah ini terbit satu bulan sekali Bagian 4 EvaluasiPre test dilakukan sebelum majalah diterbitkan menggunakan instrumen kuesioner Evaluasi dilakukan setiap edisi dan setiap akhir tahun Evaluasi ini mencakup tiga aspek yaitu evaluasi input output dan outcome Evaluasi ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian antara kebutuhan khalayak dan pemenuhannya melalui media yang dibuat Evaluasi ini juga dapat menganalisa apakah tujuan media ini tercapai atau tidak Alat ukur dalam evaluasi ini adalah kuesioner observasi metrics dan statistik data kunjungan pembaca ke situs e magazine Kreasi Seru Bagian 5 AnggaranInvestasi awal Rp 232 340 100Pengeluaran Setiap Bulan Rp 95 500 000Pengeluaran Setiap Tahun Rp 1 226 700 000Target Pendapatan Tahun 1 Rp 832 028 500Target Pendapatan Tahun 2 Rp 2 026 375 000BEP dicapai pada tahun kedua bulan pertama;Part 1 : Situation Analysis ABSTRACT The fine arts play an important role to help the development of children?s intelligence, emotional, and physical. But, learning the fine arts at school is not really effective due to certain factors. In addition, the fine arts media in Indonesia is still limited. Therefore, Indonesia needs fine arts media for children.Part 2 : Benefits and ObjectivesBenefits for Readers:1. Children gets information related to Indonesia?s fine arts.2. Giving fine arts education.3. Helping children to appreciate fine arts more.Benefits for Publisher:1. Becoming an institution that has the role to educate children through fine arts.2. Becoming an institution that help children to appreciate fine arts more. 3. To get profit from advertisers.Objectives :1. To fulfill the readers needs.2. To educate children about the variety of Indonesia?s fine arts.3. To help children to appreciate fine arts more.4. To get profitsPart 3 : Develop PrototypeKreasi Seru digital fine arts magazine is a magazine that gives fine arts education to children . This magazine also gives tutorial that can help children to develop their creativity. Kreasi Seru?s target audience is reader whose age is between 7-11, SES A and B, and who is interested in fine arts.This magazine is published once a month. Part 4 : EvaluationPre-test, is conducted before the launching of this magazine. The instrument of the pre-test is a questionnaire. Evaluation is conducted monthly and annually. Evaluation is consist of three aspects, which is input, output, and outcome. Evaluation aims to analyze the suitability between the needs of readers and its fulfilment through the program that is created. This evaluation can also analyze whether this media objectives is successfully reached or not. Measurement tools that used is questionnaire, observation, metrics, and statistical data on how many reader visit this magazine?s sites. Part 5 : Budgeting Initial Investment : Rp 232.340.100Monthly Expenditures Total : Rp 95.500.000Annual Expenditures Total : Rp 1.226.700.00First Year Revenue Estimation : Rp 832.028.500Second Year Revenue Estimation: Rp 2.026.375.000BEP is assumed should be contained in the second year., Part 1 : Situation AnalysisThe fine arts play an important role to help the development of children’s intelligence, emotional, and physical. But, learning the fine arts at school is not really effective due to certain factors. In addition, the fine arts media in Indonesia is still limited. Therefore, Indonesia needs fine arts media for children.Part 2 : Benefits and ObjectivesBenefits for Readers:1. Children gets information related to Indonesia’s fine arts.2. Giving fine arts education.3. Helping children to appreciate fine arts more.Benefits for Publisher:1. Becoming an institution that has the role to educate children through fine arts.2. Becoming an institution that help children to appreciate fine arts more. 3. To get profit from advertisers.Objectives :1. To fulfill the readers needs.2. To educate children about the variety of Indonesia’s fine arts.3. To help children to appreciate fine arts more.4. To get profitsPart 3 : Develop PrototypeKreasi Seru digital fine arts magazine is a magazine that gives fine arts education to children . This magazine also gives tutorial that can help children to develop their creativity. Kreasi Seru’s target audience is reader whose age is between 7-11, SES A and B, and who is interested in fine arts.This magazine is published once a month. Part 4 : EvaluationPre-test, is conducted before the launching of this magazine. The instrument of the pre-test is a questionnaire. Evaluation is conducted monthly and annually. Evaluation is consist of three aspects, which is input, output, and outcome. Evaluation aims to analyze the suitability between the needs of readers and its fulfilment through the program that is created. This evaluation can also analyze whether this media objectives is successfully reached or not. Measurement tools that used is questionnaire, observation, metrics, and statistical data on how many reader visit this magazine’s sites. Part 5 : Budgeting Initial Investment : Rp 232.340.100Monthly Expenditures Total : Rp 95.500.000Annual Expenditures Total : Rp 1.226.700.00First Year Revenue Estimation : Rp 832.028.500Second Year Revenue Estimation: Rp 2.026.375.000BEP is assumed should be contained in the second year.] |