:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis asuhan keperawatan ketidakberdayaan pada Ny. Y dengan tuberkulosis paru dan diabetes mellitus di Ruang Gayatri RS Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor = Analysis of nursing intervention of powerlessness on patient with pulmonary tuberculosis and diabetes mellitus at Gayatri Room in Marzoeki Mahdi Hospital

Jihan Rigel Fitrian; Yossie Susanti Eka Putri, supervisor; Fauziyah, examiner; Ice Yulia Wardani, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Urbanisasi telah menyebabkan perpindahan penduduk dari desa ke kota. Karakteristik lingkungan perkotaan yang padat penduduk dan disertai dengan lingkungan yang kotor dan kumuh mengakibatkan peningkatan penyebaran penyakit infeksius seperti Tuberkulosis Paru. Masalah psikososial yang sering muncul pada pasien dengan penyakit kronis seperti Tuberkulosis Paru dan Diabetes Mellitus adalah ketidakberdayaan. Ketidakberdayaan adalah perasaan hilangnya kontrol terhadap kondisi dan situasi yang dimiliki oleh seorang individu akibat adanya hambatan untuk mengembangkan potensi dan kekuatan yang dimiliki. Faktor penyakit kronis, beban penyakit, lama pengobatan, dan tidak adanya dukungan keluarga telah menimbulkan masalah ketidakberdayaan pada Ny. Y dengan Tuberkulosis Paru dan Diabetes Mellitus di Ruang Gayatri RS Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. Intervensi keperawatan berupa afirmasi positif telah terbukti menurunkan tanda gejala ketidakberdayaan pada klien dengan kedua diagnosa medis tersebut.

Urbanization has caused a movement of population from country to town. The characteristic of urban environment with huge population and slum area could cause the escalation of pulmonary tuberculosis transmission as one of infectious diseases. Powerlessness is one of psychosocial problems often showed in chronic illness patient such as diabetes mellitus and pulmonary tuberculosis. Powerlessness is the lived experience of lack of control over a situation, including a perception that one?s actions do not significantly affect an outcome. Chronic illness, long period of medical treatment, and inadequate of family support have became the predisposition factors of powerlessness in Mrs. Y with pulmonary tuberculosis and diabetes mellitus at Gayatri Room in Marzoeki Mahdi Bogor Hospital. Positive affirmation as the main intervention in powerlessness has been proved to decrease symptoms of powerlessness on chronic illness patient.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Jihan Rigel Fitrian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 63 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-Pdf 16-18-718411844 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20416980