Corporate Social Responsibility (CSR): mendorong peran strategi kelompok bisnis dalam penguatan pilar komunitas sosial budaya ASEAN dalam Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia VII, 24-28 November 2015
Nurul lsnaeni;
Asra Virgianita; Shofwan Al Banna Choiruzzad
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015)
|
ABSTRAK Pewujudan Masyarakat ASEAN (ASEAN Community) yang maju dan sejahteratelah menjadi cita-cita bersama para pemimpin Negara-negara Anggota ASEANseialan dengan Visi ASEAN 2020. Untuk itu tiga pilar pembangunan telahdicanangkan dalam rangka mencapai visi regional ASEAN tersebut, yaitu KomunitasPolitik-Keamanan, Komunitas Ekonomi dan Komunitas Sosial-Budaya ASEAN.Namun demlkian, wacana yang berkembang maupun praktek kebijakan yang bergulirsejauh ini cenderung didominasl oleh kepentingan pembangunan KomunitasEkonomi ASEAN. Sebaliknya, signifikansi pembangunan Komunitas Sosial-Budayacenderung dinegasikan. Padahal, perspektif tentang Komunitas ASEAN harusnyabersifat holistic dan integrated, karena pada hakekatnya ketiga pilar itu sama-samafondasi yang akan dapat saling mempengaruhi kokohnya bangunan KomunitasASEAN. Apalagi, dengan adanya tekanan global dan tantangan domestik darikompleksitas persoalan pembangunan yang dihadapi mayoritas negara-negara anggota ASEAN. Makalah ini akan membahas upaya penguatan Komunitas Sosial-Budaya ASEAN melalui isu tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) di kalanganpelaku bisnis ASEAN. Tulisan ini berpendapat bahwa isu CSR sangat relevan dansignifikan bagi pencapaian Masyarakat ASEAN, khususnya penguatan pilarKomunitas Sosial Budaya, karena CSR dapat mendorong terwujudnya kemitraanmultipihak, akselerasi pembangunan sosial ekonomi dan sosial-budaya danterwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik di negara-negara anggota ASEANguna mendukung efisiensi dan efektivitas birokrasi. Analisis makalah ini berbasispada penggunaan data-data sekunder maupun data primer dari hasil penelitianlapangan di Indonesia dan Malaysia |
![]()
|
No. Panggil : | MK-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Mataram: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015 |
Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
Tipe Konten | text |
Tipe Media | computer |
Tipe Carrier | online resource |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Umum | |
ISBN/ISSN | |
Catatan Seri | |
Lembaga Pemilik | |
Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 1, Ruang Display Buku Baru |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-Pdf | 13-18-582808183 | Tidak bisa dipinjam |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20417298 |