:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis kandungan informasi laba dan arus kas sektor perbankan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand

Elisa Tjhoa; Ancella Anitawati Hermawan, supervisor; Siregar, Sylvia Veronica Nalurita Purnama, examiner; Eko Rizkianto, examiner (Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Informasi pada laporan keuangan, khususnya informasi laba bersih dan arus kas operasional, telah umum digunakan oleh para investor sebagai salah satu dasar untuk melakukan keputusan investasi. Pendapatan bunga merupakan sumber utama pendapatan pada sektor perbankan, oleh karena itu informasi tersebut dianggap cukup beiperan bagi investor pada sektor tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas kandungan informasi laba bersih, pendapatan bunga bersih, arus kas operasional, serta penerimaan kas dari bunga dalam memprediksi return saham sektor perbankan di Asia Tenggara dengan metode regresi berganda. Negara Asia Tenggara yang akan diteliti khususnya adalah Indonesia, Malaysia dan Thailand.
Dari penelitian yang dilakukan, kualitas kandungan informasi laba bersih di Indonesia ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya, sedangkan pada negara Malaysia tidak memiliki pengaruh secara signifikan. Sebaliknya kualitas kandungan informasi pendapatan bunga bersih pada negara Malaysia lebih baik dibandingkan dengan negara lainnya, dengan negara Thailand memiliki pengaruh yang signifikan namun negatif. Kualitas kandungan informasi arus kas operasional memprediksi return saham hampir sama pada negara Malaysia dan Thailand, sementara pada negara lainnya tidak signifikan. Sementara itu kandungan informasi penerimaan kas bersih dari bunga hanya memiliki kualitas dalam dalam memprediksi return saham pada negara Thailand, dengan hasil pengujian yang tidak signifikan pada negara lainnya.

Financial statements? information, particulary net income and cash flows from operation had been widely used by investors as one of the basis in making investment decisions. Interests are the main source of income in the banking sector, and therefore the information of which are considered to have a significant role for the investors in banking sector.
This research aims to examine the informativeness of net income and its changes, net interest income and its changes, cash flows from operation and its changes, and net interest received and its changes on the banking sector for South East Asia nations using the multiple regression method. The countries used as sample in this research are Indonesia, Malaysia, and Thailand.
The empirical results showed that the quality of earnings in Indonesia is higher than that of other countries, with insignificant effect in Malaysia study. On the other hand, the quality of interest income is the highest compared to other countries, with study in Thailand showed significant but negative impact on return. The quality of cash flows from operations are quite similar in Malaysia dan Thailand, but have insignificant impact for other countries. Cash flows from interests has only quality to predict return in Thailand, with insignificant results in other countries.

 File Digital: 1

Shelf
 T44119-Elisa Tjhoa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T44119
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 76 pages : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI. Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44119 15-20-572347633 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20419156