Pola ruang segmentasi pusat perbelanjaan di Kawasan Senayan = Segmentation spatial pattern of shopping center in Senayan Area / Apri Armasari
Apri Armasari;
Djoko Harmantyo, examiner; Ratna Saraswati, supervisor; Dewi Susiloningtyas, supervisor; Sobirin, examiner; Djamang Ludiro, examiner
(Universitas Indonesia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2014)
|
ABSTRAK Segmentasi merupakan proses mengkotak-kotakan pasar (yang heterogen) ke dalamkelompok-kelompok potensi konsumen yang memiliki kesamaan kebutuhan dan/ataukesamaan karakter yang memiliki respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.Fokus penelitian ini pada 3 mall yaitu Senayan City, Plaza Senayan dan PlazaSemanggi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana pola ruangsegmentasi pasar pusat perbelanjaan di kawasan Senayan. Metode penelitian iniadalah deskriptif dengan analisis pola keruangan. Analisis dibagi berdasarkan waktuyaitu pada hari kerja dan akhir pekan juga menggunakan analisis buffer yaitu < 5 km,5 – 10 km, 10 – 15 km dan > 15 km. pendekatan segmentasi yang digunakan yaitusegmentasi geografis, segmentasi demografi dan segmentasi manfaat. Variabel yangdigunakan yaitu data demografi pengunjung mall, tempat kegiatan terakhir dan alasanmengunjungi mall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola ruang segmentasiyang cenderung sama untuk segmentasi geografis dan demografis. Untuk segmentasimanfaat, pengunjung yang melakukan kegiatan makan di restoran/foodcourtcenderung berasal dari wilayah yang berjarak < 5 km. Pengunjung yang melakukankegiatan santai seperti menonton film di bioskop cenderung berasal dari wilayah yangberjarak 10 – 15 km dan wilayah yang berjarak > 15 km. Pengunjung yangmelakukan kegiatan sosial seperti membina hubungan dengan relasi cenderungmemiliki pola yang berbeda di ketiga mall. ABSTRACT Segmentation is a process of clasify various market into groups which has potentialcustomers with similarity needs and / or characters whose has same response inspending their money. Focus of this research is to 3 malls; Senayan City, PlazaSenayan and Plaza Semanggi. The aim of this research is to identify how the spatialpattern of market segmentation of shopping center in Senayan area. The methods isdescriptive with spatial pattern analysis. Analysis divided by time, namely onweekdays and weekends also use buffer analysis such as <5 km, 5-10 km, 10-15 kmand > 15 km. Segmentation approach are geographic segmentation, demographicsegmentation and benefit segmentation. The variables were demographic data ofvisitors, the lastest activity place of visitors and the reason for visiting the mall. Theresults showed that the spatial pattern of segmentation has similiarity each others. Forthe segmentation of the benefits is dine in restaurants tend to be done by visitors whocame not far from the mall that is from the buffer area of < 5 km. Relaxing activitiessuch as watching film at cinema usually done by visitors coming from the buffer areaof 10-15 km. While social activities tend to differ among the three malls in theSenayan area. |
S59911-Apri Armasari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S59911 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 87 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S59911 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20419371 |