Efektifitas Stroke Education Program (SEP) terhadap Peran Family Caregiver dalam Modifikasi Gaya Hidup Pasien Stroke di RS Stroke Nasional Bukittinggi
Fera Liza;
Sitorus, Ratna, supervisor; Tuti Herawati, supervisor; Agung Waluyo, examiner; Winda Yuniarsih, examiner
([Publisher not identified]
, 2012)
|
ABSTRAK Modifikasi gaya hidup merupak:an salah satu cara untuk mengendalikan faktor risiko stroke untuk mencegah terjadinya stroke berulang. SEP merupakan program edukasi yang melibatkan pasien dan keluarga sebagai caregiver informal yang diberikan ketika pasien dirawat dan setelah pulang ke rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efekti:fitas program SEP terhadap peran family caregiver dalam modi:fikasi gaya hidup pasien stroke. Penelitian ini menggunakan design quasi experiment dengan pendekatan post-test nonequivalent control group. Penelitian dilakukan di RS Stroke Nasional Bukittinggi dengan jumlah sampel 40 orang ( 21 kontrol, 19 intervensi). Hasil analisis dengan independent t-test menunjukkan program SEP efektif terhadap meningkatkan peran family caregiver dalam. modi:fikasi gaya hidup pasien stroke (p=O,OO1). Variabel perancu tidak mempengaruhi peranfamily caregiver pada kelompok intervensi. SEP dapat diadopsi dan diterapkan perawat dalam memberikan edukasi pada pasien stroke dan keluarga sebagai caregiver. ABSTRACT Modifying patient's life style is one option to control stroke risk factors in preventing the recurrence of stroke episode. Stroke Education Program (SEP) is the education program that involving patient and their family as caregiver which is given during inpatient and after patient discharge from hospital. The purpose of this study is to determine the effectiveness of Stroke Education Program (SEP) on Family Caregiver's Role in Modifying Patient's Life Style. Quasi-Experiment with post-test nonequivalent control group was used with sample of 40 respondents (21 control and 19 intervention) from Stroke National Hospital, Bukittinggi. Independent t-test was used to analyze the data.The result shows that Stroke Education Program (SEP) can effectively improving Family Caregiver's Role on Modifying Patient's Life Style (p=O,OOl). Confounding variables did not influenced Family Caregiver's Role on intervention group. Stroke Education Program (SEP) can be adopted and implemented by the nurses along with educating stroke patients and family members as caregiver. |
T44142-Fera Liza.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T44142 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 116 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Perpustakaan Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T44142 | 15-17-170856830 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20419630 |