:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis pelayanan resep obat jadi dengan pendekatan lean hospital pada peak hours untuk pasien jaminan di depo farmasi instalasi rawat jalan RSUP Fatmawati Tahun 2015 = Analysis of jadi prescription service by lean hospital approach at peak hours for insurance patients in pharmaceutical depot outpatient instalation RSUP Fatmawati in 2015

Sari Amalia; Ede Surya Darmawan, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Rumah sakit telah dituntut memberikan pelayanan yang bermutu bagi pasien salah satunya waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan. Pada penelitian ini dengan menggunakan pendekatan Lean Hospital untuk mencari tahu penyebab pemborosan yang mengakibatkan waktu tunggu pelayanan resep obat jadi melebihi standar. Dapat diketahui adanya kegiatan yang tidak bernilai tambah sebesar 87,48% dan kegiatan yang bernilai tambah sebesar 12,52%. Berdasarkan hal tersebut diketahui telah terjadinya pemborosan kemudian dianalisis dengan menggunakan diagram tulang ikan dan diketahui terdapat berbagai akar masalah yang menyebabkan pemborosan ini kemudian diberikanusulan perbaikan yang diklasifikasikan kedalam tiga periode waktu pelaksanaan perbaikan untuk membuat pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi waktu tunggu pasien untuk mendapatkan pelayanan resep obat jadi di Depo Farmasi Instalasi Rawat Jalan RSUP Fatmawati.

Hospitals were charged quality providing for patients one of which is waiting time to get the service. In this research using Lean Hospital approach to find out the Hospitals were charged quality providing for patients one of which is waiting time to get the service. In this research using Lean Hospital approach to find out the waste in waiting times of jadi prescription service exceed standard. It can be seen non value added activity 87.48 % and value added activity 12.52 %. Based on it known to have the waste then analyzed by fishbone diagram and there are various the root of the problem that causes thewaste then given the improvement proposed classified into three periods the improvement to make service more effective and efficient to diminish waiting times patients of prescription service in Pharmaceutical Depot Outpatient Instalation RSUP Fatmawati.

 File Digital: 1

Shelf
 S62484-Shela Putri Sundawa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S62484
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 51 pages ; 30 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62484 14-17-345974727 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20421881