:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Residen tiga : Kenyamanan visual dan efisiensi cahaya = Residence three : Visual comfort and lighting efficiency

Ohlala Ahrinawangi Prioko; Suryantini, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Memelihara kenyamanan visual berarti memastikan bahwa penghuni mendapatkan kualitas pengelihatan yang baik dan cukup untuk melakukan segala aktivitas yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan karena pencahayaan yang baik dapat menciptakan suasana yang produktif. Dilihat dari betapa pentingnya pencahayaan dikehidupan sehari-hari, benar bila dikatakan bahwa pencahayaan adalah aspek penting yang perlu dipertimbangkan disetiap bangunan. Pencahayaan yang baik adalah yang tersebar merata, tidak buram atau terlalu terang, dan yang meminimalisir penggunaan energi.
Skripsi ini membahas cara untuk mencapai kenyaman visual dan efisiensi cahaya pada siang hari dan malam hari. Beberapa cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan jendela dan pencahayaan buatan. Kemudian, skripsi ini juga berhubungan dengan tugas studio arsitektur yang berlokasi di antara Hay Street dan Churchill Avenue, Subiaco, Western Australia. Hasil dari percobaan pada skripsi ini dihasilkan oleh beberapa perangkat lunak seperti Autodesk Ecotect dan Velux Daylight Visualizer. Sementara itu, hasil dari percobaan pencahayaan buatan akan dihitung secara manual.

Preserving visual comfort means making sure that people are provided with good views, sufficient and right quality lighting to do their activities since decent lighting is required for a productive environment to create comfort and the sense of controlling the environment. By seeing at how vital lighting is in our daily life, it is true to say that lighting is a very important aspect that need to be considered in every building aspect. Better lighting is the one that is well-distributed, not too blurry nor strong, and minimizes the usage of energy.
This thesis elucidates how to accomplish visual comfort and lighting efficiency during day time and night time. Some of the ways to achieve this is by using windows and artificial lighting. Also, this thesis also related to the design project from Architectural Design and Technical Integration Studio which is located between Hay Street and Churchill Avenue, Subiaco, Western Australia. The result would be generated by using various softwares such as Autodesk Ecotect and Velux Daylight Visualizer, while the artificial lighting will be calculated manually.

 File Digital: 1

Shelf
 S61598-Ohlala Ahrinawangi Prioko.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S61598
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 25 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61598 14-23-06130283 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20421988