:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis alokasi optimal dan penggunaan kontrak futures emas sebagai strategi hedging portofolio saham di Indonesia = Analysis of optimal weight ratio and using of gold futures contract for stock portfolio hedging strategy in Indonesia

Selly Paramitha; Galih Pandekar, supervisor; Eko Rizkianto, examiner; Shalahuddin Haikal, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alokasi portofolio optimal dengan varians minimum dan hedge ratio dari portofolio saham dan kontrak futures emas yang dimiliki pada pasar saham Indonesia. Penelitian dilakukan pada periode keseluruhan yaitu periode 2004 hingga 2014 dan periode krisis keuangan global 2008 hingga 2009. Penelitian ini menggunakan model multivariate GARCH yang terdiri dari Diagonal BEKK GARCH Scalar BEKK GARCH Constant Conditional Correlation GARCH dan Dynamic Conditional Correlation GARCH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menambahkan kontrak futures emas ke dalam portofolio saham yang dimiliki di pasar saham Indonesia dapat mengurangi risiko investasi saham tanpa mengurangi expected return investor dan dapat menjadi alat hedging dari risiko yang mungkin terjadi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa alokasi portofolio optimal dengan varians minimum pada periode terjadinya krisis keuangan global memiliki rasio yang tidak jauh berbeda dengan periode keseluruhan sedangkan untuk melakukan hedging dilakukan dengan mengambil posisi long beli pada Gold Futures Market.

This paper aims to analyzes the optimal weight with minimum variance and hedge ratios of gold stock portfolio holdings in Indonesia stock market. The period of this research from 2004 through 2014 for the all period and from 2008 through 2009 for global financial crisis. This research using Multivariate GARCH model consisting of Diagonal BEKK GARCH Scalar BEKK GARCH Constant Conditional Correlation GARCH dan Dynamic Conditional Correlation GARCH. The result of this reserach suggest that adding gold futures contract to a portfolio of Indonesia stocks decreasing the stock investment risk without lowering the expected return of the investors and gold helps to hedge against stock risk exposure. The results exhibit that global financial crisis have the same optimal weight as the all period and take the long position in Gold Futures Market to hedge in global financial crisis period.

 File Digital: 1

Shelf
 S61648-Selly Paramitha.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S61648
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 72 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61648 14-22-64319743 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20422113