:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sejarah dan perkembangan akuntansi di Indonesia = The history and the development of accounting in Indonesia

Annisa Novarani; Sunardji, supervisor; Siregar, Sylvia Veronica Nalurita Purnama, examiner; Indah Melati, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sejarah akuntansi masuk ke negara Indonesia beserta perkembangan yang terjadi dalam dunia akuntansi. Penjabaran sejarah dan perkembangan akuntansi dalam penelitian ini diambil dari studi pustaka atas data data yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntansi di Indonesia mengalami perkembangan terus menerus sejak masa pasca kemerdekaan yang menjadi awal bagi para akuntan Indonesia mulai memberikan jasa hingga saat ini Krisis moneter di Indonesia yang terjadi di tahun 1997 1998 dan kasus jatuhnya Kantor Akuntan Arthur Andersen sempat menjadi hambatan bagi profesi akuntan di Indonesia. Konvergensi IFRS yang dilakukan memiliki dampak dalam sisi pelaporan dan akuntan dan juga berdampak pada pendidikan akuntansi di Indonesia.

This study aims to provide history over the years and the development about accounting in Indonesia. To describe that history and development this study using literature study based on the data that have been discovered.
The result of this study shows that accounting in Indonesia grow year by year and that how accountant starts giving service of assurance. The crisis that happened on 1997 1998 in Indonesia and when one of the Big Five Arthur Andersen collapsed become an obstacle to accountant in Indonesia. IFRS Convergence give some affect to financial statement accountant and accounting education in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S61671-Annisa Novarani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S61671
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 66 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61671 14-22-40619983 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20422281