:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hunian terapung pada perairan sungai, danau dan laut = The basic principles of floating home in river, lake and sea

Pelangi Fitri; Sukisno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar bangunan pada hunian terapung yang berada di perairan sungai, danau, dan laut terkait kondisi alam di masing-masing perairan tersebut. Berada di atas air, membuat kondisi alam di lingkungan perairan, terutama yang berpengaruh terhadap cara kerja struktur hunian terapung, penting untuk diperhatikan. Kondisi alam di sungai, danau, dan laut memiliki karakternya masing-masing. Sehingga, hunian terapung di masing-masing perairan tersebut memiliki caranya masing-masing dalam menangani kondisi tersebut. Penulisan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur dan studi kasus dengan data yang berasal dari berbagai sumber cetak maupun elektronik.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hunian terapung harus berada di perairan dangkal yang terlindung dari arus dan gelombang besar, serta dekat dengan permukiman di daratan sekitar sebagai penunjang kehidupan. Bentuk bangunan di perairan sungai sebaiknya dibangun ramping dengan sisi terpendek menghadap arus, sebaliknya, di danau dan laut bentuk ramping dan terlalu tinggi sebaiknya dihindari. Tambatan sebaiknya mempertimbangkan pasang-surut, arah serta kecepatan pergerakan air. Tambatan untuk hunian terapung yang berada di sungai sebaiknya ditempatkan di ujung hulu dan hilir bangunan atau di ujung hulu saja. Tambatan untuk hunian terapung di laut sebaiknya lebih erat dalam memegang bangunan dibanding hunian terapung di danau atau sungai. Material yang digunakan pada hunian terapung harus tahan terhadap air, terutama untuk hunian terapung yang berada di laut dengan tingginya salinitas.

The focus of this study is about the basic principles of floating home in the river, lake, and sea that are related to their nature conditions.Being on the water, makes the nature conditions in each body of water, which could give some effect to floating home?s structure, are important to be considered in constructing the floating home. River, lake, and sea have their own nature?s characters. That makes floating home in each place has its own way to deal with the conditions. This study uses descriptive-qualitative method.
The result shows that floating home should be placed in shallow water area that is protected from large waves and currents, and near the settlements of nearby land. The river-floating home should be costructed as thin building whose smallest side faces the currents. On the other hand, neither lake-floating home nor sea-floating home should be constructed as thin building. It?s better to consider tidal?s effect, water movement direction and velocity in constructing mooring. The mooring at river-floating home should be placed at the upstream and downstream part of the building. The mooring at sea-floating home should hold the building more tightly than those at river and lake ones. The materials are used in floating home should have high endurance to water, especially for those which are used in sea.

 File Digital: 1

Shelf
 S62617-Pelangi Fitri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S62617
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 90 hlm. : ill ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62617 14-23-48487596 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20422540