:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kesiapan aturan hukum Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor teknologi informasi dan komunikasi menyambut pasar bebas serta pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean = Readiness of Indonesian law and regulation to enchance human resources development on information and communication technology sector to anticipate the free market and Asean Economic Community Commencement / Brain Sihotang

Sihotang, Brain; Warouw, Adolf, supervisor; Adijaya Yusuf, examiner; Hadi Rahmat Purnama, promotor (Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai regulasi dan aturan hukum yang ditetapkan pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia di sektor teknologi informasi dan komunikasi(TIK) serta implementasi dan pelaksanaannya di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara regulasi dan aturan Indonesia sudah cukup baik dengan sertifikasi dan standar kompetensi yang ada namun memenuhi kendala dalam mengimplementasikan regulasi dan aturan tersebut. Pasar yang besar di kawasan ASEAN memberikan kesempatan kepada sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang TIK untuk mendapatkan kompensasi dan kesempatan kerja yang lebih baik, namun juga berdampak negatif dengan berkurangnya sumber daya manusia berkualitas yang berpindah ke tempat yang lebih baik. Penelitian ini menyarankan agar percepatan perkembangan sumber daya manusia sektor TIK di level rendah dan menengah diikuti juga dengan pengembangan riset dan teknologi serta dukungan terhadap industri berteknologi tinggi yang menyerap sumber daya manusia berkualitas guna mengurangi perpindahannya.

ABSTRACT
This thesis discusses about law and regulation that made by government to enhance human resources development in Information and Comunication Technology(ICT) sector and also the implementation of those regulation and law. The result of this study indicate that those law and regulation already sufficient with the sertification and competency standards however the issues is on the implementation and execution of those law and regulation. The ASEAN has big market that give opportunity to those who have high qualification and skills on ICT sector to have good compensation and better chance to have a better job, yet negative impacts is decreasement of skillful manpower which have moved to better places. This study suggests while the government speedup to develop low and middle quality manpower in this sector they should also developing research and support on high technology industry that can absorbs high quality manpower to mitigate their movement.

 File Digital: 1

Shelf
 T45388-Brain Sihotang.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T45388
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 114 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T45388 15-17-679791279 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20423386