:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan inovasi sebagai mediator dalam memediasi hubungan kompetisi terhadap kinerja perusahaan berdasarkan kelompok ukuran perusahaan = Innovation as a mediator role in mediating the relationship of competition on the performance of companies based on company size

Novrianto Pamilwa Citajaya; Avanti Fontana, supervisor; Yanki Hartijasti, examiner; Aryana Satrya, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis pengaruh kompetisi dan inovasi terhadap kinerja dengan berfokus pada obyek penelitian dari negara Eropa dan Asia Tengah yang diperoleh dari survei BEEPS yang di lakukan oleh Bank Dunia pada tahun 2008. Masalah yang muncul dalam penelitian adalah masih terdapat perdebatan tentang pengaruh kompetisi dan inovasi terhadap kinerja pada kelompok perusahaan yang berbeda ukurannya. Penelitian ini juga menguji efek mediasi pada variabel inovasi yang memediasi pengaruh kompetisi terhadap kinerja.
Data penelitian dikumpulkan dari para pemilik perusahaan dan manajer puncak dari berbagai jenis industri manufaktur dengan total 197 sampel yang terdiri dari 104 perusahaan besar, 62 perusahaan sedang dan 31 perusahaan kecil. Data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetisi berpengaruh positif terhadap kinerja hanya pada perusahaan kecil, kompetisi yang berpengaruh positif terhadap inovasi hanya terjadi pada perusahaan besar. Varibel inovasi ditemukan memediasi pengaruh kompetisi terhadap kinerja hanya pada perusahaan besar.

ABSTRACT
This study analyzes the effect of competition and innovation to the performance by focusing on the object of study of European and Central Asian Countries which was obtained from a BEEPS Survey undertaken by the World Bank in 2008. Problems that arise in the research were there is still debate about the influence of competition and innovation to the performance of the different sizes company. The study also examines the effect of mediation on innovation variables that mediate the effect of competition on performance.
Data were collected from the owners of the company and top managers of various types of manufacturing industries with a total of 197 samples consisting of 104 large companies, 62 medium and 31 small companies. Data were analyzed by using Partial Least Square (PLS) methods.
The results showed that the positive effect of competition on the performance only occur in the small companies, competition has a positive effect on innovation only happens in big companies. Innovation variable was found to mediate the effect of competition on the performance only in the large companies.

 File Digital: 1

Shelf
 T44811-Novrianto Pamilwa Citajaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T44811
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 87 pages. ;illustration. 28 cm. + appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44811 15-18-678221170 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20423567