Full Description

Record of Work Karya Akhir
Cataloguing Source LIBUI ind rda
Content Type text (rdacontent)
Media Type computer (rdamedia)
Carrier Type online resource (rdacarrier)
Physical Description xiv, 36 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 1
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
TA-pdf 16-25-25280405 TERSEDIA
No review available for this collection: 20423803
 Abstract
ABSTRAK
Analisis Situasi Kualitas berita pada portal berita online begitu memprihatinkan. Informasi yang disampaikan seringkali sulit dipahami karena tidak kronologis, tak akurat dan kurang mendalam, karena terlalu mengejar kecepatan. Jenis media online lain seperti e-magazine belum mampu mengatasi permasalahan tersebut karena interval terbitnya yang terlalu lama meskipun kualitas beritanya sudah baik. Kanal berita YouTube Singkat Kata mencoba menjawab permasalahan tersebut dengan menjadi platform yang menjelaskan berita-berita secara mendalam, mendidik dan berkualitas dengan waktu yang relatif cepat dibandingkan e-magazine.

Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe Manfaat bagi khalayak: Media informasi bagi masyarakat untuk mendapatkan penjelasan berita yang bersifat mendidik, menghibur dan edukatif. Manfaat bagi pengelola: menjadi pelopor pada bidang jurnalisme yang mendidik di Indonesia Tujuan: Memnyajikan berita yang mencerdaskan dan mendidik bagi publik.

Prototipe yang Dikembangkan Kanal YouTube Singkat Kata menyajikan video berdurasi dibawah 5 menit dengan target 3 video perminggunya. Video berisikan penjelasan tentang isu atau peristiwa terkini sehingga mudah diikuti dan dipahami oleh khalayak. Target khalayak adalah pengguna internet yang aktif membaca berita online,berusia 18-45 tahundengan SES A dan B.

Evaluasi ? Riset Pasar Khalayak (Input) dilakukan dengan menyebar kuesioner online kepada 30 responden dengan metode purposive sampling ? Media pre-test dilakukan menyebar kuisioner online kepada 50 responden setelah menyaksikan prototipe. ? Evalusi media, berupa analisis traffic (internal) dan pengisian kuisoner online (eksternal) ? Evaluasi output dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 50 responden yang sudah menonton konten dari Kanal YouTube Singkat Kata. Selain itu dilakukan juga analisis melalui YouTube analytics. ? Evaluasi outcome dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 50 responden yang sudah menonton konten dari Kanal YouTube Singkat Kata.

Anggaran Anggaran pembuatan prototipe: Rp60.000 Rencana anggaran operasional perbulan: Rp48.200.000 Perkiraan rugitahun pertama: (Rp382.221.250) Perkiraan laba tahun kedua: Rp838.387.500 Perkiraan laba tahun ketiga: Rp3.976.205.000 BEP (Break Even Point) akan dicapai pada tahun kedua bulan keempat
ABSTRACT
Situation Analysis The quality of online news portal is concerning. Presentation of information often hard to understand because not chronologically served, not accurate and have minimum depth, because they prefer speed over quality. Another online news type, like e-magazine still hasn?t answered the problem, because although the quality is good, but their publishing interval often too long, compared to online news portal. YouTube Channel Singkat Kata try to answer the problem, by being the platform that explains news educationally, in-depth and with quality content, that publishes content faster than emagazine.

Benefit and Objective of Prototype Development Benefit for public: source of information to get the explanation of news that educate and entertain the public. Benefit for: become a pioneer of explanatory journalism in Indonesia. Objective: to educate the public with delivery of high quality news.

The Developed Prototype YouTube Channel Singkat Kata serve under 5 minute videos with the target of 3 videos released each week. The video will contain explanation of latest news so it could be easier for public to follow and understand the latest news. The target audience is internet user in Indonesia that active reading online news and aged between 18-45. The SES are A and B.

Evaluation ? Audience Market Research (Input) will be done by online questionnaire to 30 respondents with purposive sampling method. ? Media pre-test will be done by online questionnaire to 50 respondents after watching the prototype. ? Media evaluation will be done by traffic analysis (internal) and online questionnaire (external). ? Output evalution will be done by online questionnaire to 50 respondents after watching the contents of Singkat Kata YouTube channel.Other than that, there will be analysis by using YouTube analytics. ? Outcome evaluation will be done by online questionnaire to 50 respondents after watching the contents of Singkat Kata YouTube channel.

Budget Prototype production cost: Rp60.000 Monthly operational budget: Rp48.200.000 Estimated loss for the first year: Rp-382.221.250 Estimated profit for the second year: Rp838.387.500 Estimated profit for the third year: Rp3.976.205.000 BEP (Break Even Point) will be achieved at fourth month in second year.