ABSTRAKTelevisi memiliki manfaat positif dan dampak negatif. Banyaknya tayangan yang kurang pantas saat ini tidak diimbangi dengan pemahaman masyarakat terkait media. Anak-anak yang belum dapat memilih tayangan yang baik dan tidak, dapat dengan mudah terkena dampak negatifnya. YPMA (Yayasan Pengembangan Media Anak) adalah salah satu organisasi non-profit yang berjuang untuk literasi media khususnya anak-anak. YPMA terdiri dari para ahli media dan sudah memiliki berbagai materi ajar literasi media. Namun saat ini, YPMA memiliki kendala terkait pendanaan dan SDM (sumber daya manusia) untuk melakukan kegiatannya dan hanya bisa memanfaatkan website sebagai corong informasi ke masyarakat.Tujuan dari program kampanye ini adalah memperluas dan mempermudah masyarakat memahami literasi media dan memberikan pembelajaran literasi media untuk anak. Dengan tujuan jangka panjang masyarakat dapat memilih dan mengkritisi media sehingga tayangan di stasiun televisi juga berkualitas. Dengan menggunakan strategi pengembangan sistem informasi, dan memperluas kampanye dengan menggunakan materi yang telah ada untuk membuat masyarakat khususnya anak-anak memahami literasi media. Adapun sasaran program komunikasi adalah menyadarkan masyarakat khususnya orang tua bahwa literasi media adalah hal yang penting dengan memberikan pemahaman literasi media, menjadikan YPMA sebagai sumber rekomendasi media yang aman untuk masyarakat dan meningkatkan branding awareness YPMA sebagai lembaga yang peduli media untuk anak. ABSTRACTTelevision has positive benefits and negative impacts.The number of impressions that are not appropriate at this time is not matched with the relevant public's understanding of media. Children who have not been able to choose a good impression, can be easily affected by the negative impacts.YPMA is a non-profit organization that is focus for media literacy, especially the children.YPMA consisting of media experts and already has a variety of media literacy teaching materials. But this time, YPMA have problems related funding and HR (human resources) to carry out its activities and can only utilize the website as a mouthpiece of information to the public.The objective of this program is expand and facilitate public understanding of media literacy and providing media literacy learning for children. With a long-term goal that people can choose and criticize the media so that the impressions on television stations also qualified. And develop information systems, and expand the campaign by using materials that already exist to make people, especially the children understand media literacy as the strategies. The target communication of this program are to sensitize the public, especially parents that media literacy is essential to provide an understanding of media literacy, making YPMA as a source of recommendations for public media and improving brand awareness YPMA as media institutions that care for children. |