:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Dilema perpindahan ke luar negeri = The dilemma of moving abroad

Sismita Sasmita; Rosy Tri Pagiwati, supervisor ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Dilema Perpindahan ke Luar Negeri? adalah sebuah riset mengenai cara-cara mahasiswa Indonesia di Perth, Australia Barat menangani tantangan yang mereka hadapi saat pertama berpindah ke luar negeri. Tulisan ini menelusuri ketidakpastian yang dihadapi oleh para mahasiswa ini saat transisi ke kehidupan mereka di luar negeri, jauh dari keluarga mereka.
Riset ini merupakan riset kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan menargetkan mahasiswa Indonesia berumur 18 ? 21 tahun, tinggal di Perth dan dari berbagai macam latar belakang dan universitas. Dengan menggunakan Uncertainty Reduction Theory (URT), riset ini dilaksanakan atas axiom URT yang ditemukan oleh Berger dan Calabrese saat menyusun teori ini. Dari jawaban informan yang ditemukan dalam riset ini adalah semua mahasiswa yang baru berpindah mengalami keresahan, kegelisahan, tantangan dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan yang terbatas mengenai linkungan sekitar mereka.
Juga ditemukan bahwa bersosialisasi, mencari teman baru dan menggunakan teknologi seperti telepon genggam dan aplikasi Google, para informan dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan dan ketidakpastian mereka.

ABSTRACT
The Dilemma of Moving Abroad? is a paper aimed to investigate the problem solving method for Indonesian students living in Perth, Western Australia upon moving abroad on their own for the first time. It explores the uncertainty of these students in dealing with transitioning abroad away from their families.
The research conducted for this paper is qualitative, specifically using interview as the method, and targets specifically Indonesian students of age 18 ? 21 years old living in Perth from various background and university. Using the Uncertainty Reduction Theory (URT), the research is conducted based on the axioms of URT previously established by its founders Berger and Calabrese.
From the informants gathered in the research, it is found that all of them experiences anxiety, insecurities, obstacles in gaining information and limited knowledge of their surrounding. It is found that through socializing, making new friends and turning to technologies such as smartphones and Google?s applications and features, the informants reduced their uncertainty.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Sismita Sasmita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 10-18-952590769 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424024