:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Ragam Bahasa pada Lagu Anak Berjudul ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen?, dan ?Roodkapje? = language register on the children song entitled ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen? and ?Roodkapje"

Chika Annisa; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, supervisor ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Lirik lagu merupakan rangkaian kata yang merepresentasikan apa yang dilihat, dirasakan, maupun didengar oleh penciptanya. Setiap lirik lagu memiliki ragamnya tersendiri, begitu pula dengan lirik lagu anak. Jurnal ini akan membahas ragam bahasa pada lagu anak berjudul ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen? dan ?Roodkapje?. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Ketiga lirik lagu anak tersebut dianalisis melalui isi, struktur kalimat, kosakata, dan gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan ciri-ciri ragam bahasa anak dan bagaimana lirik lagu anak dapat menjadi sumber pembelajaran anak-anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahasa anak yang tercermin dari ketiga lirik lagu anak tersebut memiliki ragam bahasa yang sesuai dengan konsumen utamanya, yaitu anak-anak. Hal tersebut dapat dilihat dari kosakata serta gaya bahasanya (inversi dan repetisi) yang mudah dimengerti, struktur kalimat yang cukup kompleks namun tetap mudah dipahami dan adanya nasehat yang bersifat mendidik di tiap lirik lagu. Penggunaan diminutif dapat ditemukan pada tiap lagu dalam penelitian ini. Ketiga lagu yang dianalisis tertulis dalam ragam bahasa anak.

ABSTRACT
Song lyrics are a series of words representing or expressing the feelings, sights and hearing of the song writer. To emphasize the content of the lyric, every song lyric has its own register. Children‟s songs are not an exception. This journal analyses the register used in three songs, namely ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen? and ?Roodkapje?. By using the descriptive qualitative approach, this study tends to identify the register of children‟s songs through its content, sentences structure, words and figure speech used.
This study has the purpose to clearly explain and illustrate the register of children‟s song and how the lyric of a children‟s song could become a source of learning for children. The outcomes show that each song contains of didactic moral value and of structure that can be easily understood by children. The sentences structure in these children‟s songs are quite complex yet still easy to be understood, the diminutive suffix can be found in each song. The analysed songs are written in the child language or register.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Chika Annisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-PDF
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 25 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-PDF 10-18-837013638 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424045