:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis Implikatur Melalui Pelanggaran dan Pemanfaatan Maksim pada Lelucon Sepakbola Belanda di website www.leukste-moppen.nl: Sebuah Kajian Pragmatik = Implicature Analysis Through Maxim?s Fault and Usage in Dutch Football Jokes on www.leukste-moppen.nl

Yohanes Christian; Triaswarin Sutanarihesti, supervisor ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam bidang linguistik, terdapat berbagai macam kalimat yang dapat dibahas, salah satunya adalah lelucon. Lelucon biasa dibuat untuk menghibur, namun tidak jarang bahwa sebuah lelucon dijadikan sebagai sarana untuk mengejek, baik mengejek seseorang, maupun suatu organisasi atau perkumpulan. Lelucon dapat kita temui dalam berbagai media, salah satunya adalah internet. Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang populer di mata masyarakat. Oleh karena itu, tak jarang orang membuat lelucon yang bertemakan sepakbola. Dalam makalah ini, penulis akan membahas beberapa lelucon dengan tema sepakbola yang terdapat pada website www.leukstemoppen.nl.
Penulis ingin mendeskripsikan pelanggaran, pemanfaatan maksim dan implikatur yang terdapat pada lelucon-lelucon tersebut. Lelucon-lelucon ini akan dianalisis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Grice. Penelitian ini menggunakan metode kualiatif dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan deskripsi pelanggaran dan pemanfaatan maksim pada lelucon, serta deskripsi implikatur yang terdapat pada lelucon tersebut yang berupa sebuah ejekan.

ABSTRACT
In linguistics, there are a lot of types of sentences that can be examined, one of them is jokes. A joke is made to amuse people, but occasionally a joke can be used to mock a person, a group of people, or an organization. Jokes can be found in various media, one of them is the internet. Football is a well-known sport. Therefore, more often than not people make jokes about football. In this research, The Author will examine a few football-themed jokes which can be seen on www.leukste-moppen.nl.
The author would like to describe maxim‟s fault and usage, and the implicature in these jokes. These jokes will be analyzed using theories expressed by Grice. This research will use qualitative methods and descriptive analysis. Conclusions of this research will show description of violations and usage of maxims in those jokes, along with description of the implicature of the jokes.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Yohanes Christian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 22 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 10-18-233393912 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424105