:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kediri pada masa revolusi (1945-1949)

Hisbaron Muryantoro; (Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta, [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Indonesia mengalami berbagai bentuk penjajahan setidaknya dari zaman Belanda, Jepang dan kemudian Belanda lagi. Namun, bangsa Indonesia dapat menyelesaikan persoalannya itu dengan cara melakukan perlawanan dan berhasil mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Salah satu yang melakukan perlawanan itu adalah seluruh komponen bangsa yang ada di Kediri. Mereka bersatu padu melakukan perlawanan terhadap kaum penjajah. Keberhasilan itu ditandai dengan diproklamasikannya Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Seluruh komponen bangsa yang ada di Kediri bertekad bulat untuk tetap mempertahankan dan mendukung kemerdekaan yang telah tercapai dan bercita-cita untuk tetap merdeka sebagai suatu bangsa yang sejajar dengan bangsa lain di muka bumj ini. Selain itu, dapatlah dikatakan bahwa adanya rasa persatuan dan kesatuan itu juga merupakan ujud dan cita-cita rakyat Kediri dalam rangka mencapai cita-cita kemerdekaan.

 Metadata

No. Panggil : 959 PATRA 12:1 (2011)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta, [Date of publication not identified]
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14115239
Majalah/Jurnal : Patrawidya: seri penerbitan penelitian sejarah dan budaya
Volume : 12 (1) Maret 2011. Hal. : 59-80
Tipe Konten : journal
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacarier)
Akses Elektronik : E-mail:patrawidya@bpsnt-jogja.info
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
959 PATRA 12:1 (2011) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20425691