:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Strategi pemanfaatan kesempatan kerja pada masyarakat di objek wisata candi Borobudur

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Masyarakat di Desa Borobudur dikenal berlahan sempit. Keberadaan obyek wisata Candi Borobudur membuat masyarakat Desa Borobudur memiliki matapencaharian beragam di bidang non pertanian.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari karakteristik sosial ekonomi masyarakat Desa Borobudur, karakteristik pengunjung di obyek wisata Candi Borobudur, dan melihat berbagai strategi pemanfaatan kesempatan kerja yang dilakukan masyarakat Desa Borobudur dalan meningkatkan pendapatan mereka. Untuk memperoleh data, digunakan metode deskriptif kualitatif dan dianalisis secara kualitatif dalam bentuk uraian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa obyek wisata Candi Borobudur merupakan alternatif untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. Kesempatan kerja yang tersedia cukup banyak, dan berbagai strategi dilakukan oleh penduduk desa setempat. Berbagai strategi tersebut adalah: 1). diversifikasi pekerjaan, 2). pemanfaatan anggota rumah tangga sebagai tenaga kerja dan 3). pemanfaatan jaringan sosial.
Keadaan karakteristik sosial ekonomi penduduk setempat dan keterbatasan kesempatan kerja akibat penduduk dari luar yang ikut ambil rejeki di kawasan obyek wisata Candi Borobudur merupakan faktor yang mempengaruhi masyarakat Desa Borobudur dalam menentukan tindakan strategis yang mereka lakukan.

 Metadata

No. Panggil : 959 PATRA 12:1 (2011)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 14115239
Majalah/Jurnal : PATRAWIDYA 12 (1) Maret 2011. Hal. : 187-214
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
959 PATRA 12:1 (2011) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20425706