:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemodelan Estimasi Biaya Konseptual Proyek Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk Meningkatkan Akurasi dengan Menggunakan Metode Case-Based Reasoning (CBR) Hybrid Genetic Algorithm (GA) = Conceptual Cost Estimates Modelling In Low-Cost Apartment Project for Improving The Accuracy Using Case-Based Reasoning (CBR) Hybrid Genetic Algorithm (GA)

Murtadha Askari; Yusuf Latief, supervisor; Wisnu Isvara, supervisor; Ismeth Abidin, examiner; Suratman, examiner; Alin Veronika, examiner (Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Estimasi biaya proyek dengan akurasi yang tinggi pada tahap konseptual sangat penting dalam tahap perencanaan suatu proyek. Tetapi pada aplikasinya estimasi tahap ini ditemui beberapa kendala dalam melakukannya seperti keterbatasan definisi ruang lingkup dan kendala pada informasi yang tersedia. Pada penelitian ini akan dijelaskan pembuatan suatu model estimasi baru menggunakan metode Case-Based Reasoning (CBR) digabungkan dengan metode Genetic Algorithm (GA). GA digunakan untuk mengoptimasi proses retrieve pada metode CBR. Data yang digunakan untuk pembuatan model ini adalah data 55 Rusunawa di Indonesia untuk menunjukkan keuntungan dari metode yang digunakan. Rata-rata error yang dihasilkan dari model ini adalah sebesar 2,966%.

Project cost estimating with high accuracy in the conceptual phase of project development is essential for planning. But in its application, this estimation stage encountered some difficulties in doing such limited scope definition and constraints on available information. This research will be explained the creation of a new estimation model using the Case-Based Reasoning (CBR) method combined with Genetic algorithm (GA). GA is used to optimize the process of retrieving the CBR method. The data used for this modeling is the data of 55 low-cost apartment in Indonesia to demonstrate the advantages of the method used. The average error resulting from this model is 2,966%.

 File Digital: 1

Shelf
 T45391-Murtadha Askari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T45391
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 122 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T45391 15-17-778495036 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20426741