:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Konflik Indonesia - Malaysia : Netnografi dan Analisis Jaringan (Studi Kasus di Topix.com) = Indonesia - Malaysia Conflict : Netnography and Network Analysis (Case Study on Topix.com) (Proceeding The 4 Internarional Communicafion Research Conference "Culture, Conflict and Communication", 21-22 June 2013, LSPR)

([, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2013)

 Abstrak

Indonesia dan Malaysia adalah negara tetangga, yang berserikat dalam budaya dan bahasa, dan memiliki kemiripan dalam banyak aspsk dari kehidupan bangsa. Namun, hubungan dan kerjasama diantara dua negara tersebut dalam sosial, budaya, ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan selalu memiliki naik dan turun dari tahun ke tahun. Sebagai negara serumpun, Indonesia dan Malaysia memiliki potensi untuk kerjasama dan konflik sebagian besar sama. Untungnya, berita potensi konflik lebih dari berita kerjasama diantara dua negara. Oleh karena itu, potensi konflil diantara Indoneia dan Malaysia tidak hanya menjadi sebuah tulisan publik di offline dan media masa tapi juga di lingkungan media baru online seperti Topix.com. Sebagai komunitas berita utama di web, Topix.com menghubungkan orang-orang ke informasi dan diskusi yang berisi persoalan mereka pada setiap kota dan kota besar. Dengan mengaplikasikan konsep konflik dari perspekrif komunikasi Krauss dan Morsella yang menghubungan salah persepsi, salah paham dam salah konstruksi, penelitian ini menganalisis potensi konflik diantara Indonesia dan Malaysia yang dibentuk dari forum Topix.com. Bahkan, dengan menggunakan netnografai, penemuan tersebut akan mendiskusikan bagaimana salah persepsi, salah paham dan salah konstruksi terjadi diantara anggota-anggota forum komunitas onlind tersebut.

Indonesia and Malaysia are neigboring countries, allied in culture and language, and have similarities in many aspects of the nation life. However, the relationship an tbe cooperation between the two countrkes in the social, cultural, economic, political, defense and security always have ups and downs from year to year. As the allied countries ("negara serumpun"). Indonesia and Malaysia have the potential for cooperation and conflict in the samw magnirude. Unfortunately, the news of conflict potential is more than the news of cooperation between two countrie. Furthermore, the potential of conflict between Indonesia and Malaysia not only becomes a public discourse on offline and mass media but also on online new media environment such as on Topix.com. As a leading news community on the web, Topix.com connects people to the informationand discussions that matter to them in every town and city. By applying the concept oc conflict from Krausa and Morsella's communication perspective that related to misperception, misunderstanding and misconstruction, this study analyzes the potential of conflict between Indonesia and Malaysia constructed on one of the Topix.com's forum. Moreover, by using netnography, the finding will be discused on how the misperception, misunderstanding, and miscostruction occured among members of the online community forum.

 File Digital: 1

Shelf
 MK - Irwansyah - Konflik Indonesia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2013
Program Studi :
Bahasa : eng.
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20426859