:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kebijakan program pendidikan berbasis keunggulan lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan

Subijanto; (Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015)

 Abstrak

Tujuan studi ini untuk menganalisis: 1) keberlanjutan kebijakan program pendidikan berbasis keunggulan lokal di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pekalongan; 2) manfaat program pendidikan berbasis keunggulan lokal bagi peserta didik; dan 3) manfaat terhadap nilai tambah ekonomi bagi masyarakat di sekitar sekolah. Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa: 1) kebijakan program pendidikan berbasis keunggulan lokal tetap dilanjutkan meskipun pihak Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah tidak lagi memberikan bantuan dana sharing dan kondisi lingkungan kurang kondusif karena sering terjadi bencana tahunan air rob; 2) manfaat pendidikan berbasis keunggulan lokal bagi peserta didik antara lain, a) mengetahui keunggulan lokal di daerahnya, b) memahami berbagai aspek yang berhubungan dengan keunggulan lokal di daerahnya; c) mampu mengolah sumber daya yang berkaitan dengan keunggulan lokal; dan d) dapat menghidupi dirinya manakala memperoleh penghasilan, sekaligus melestarikan budaya, tradisi, dan sumber daya yang menjadi unggulan daerah; 3) manfaat pendidikan berbasis keunggulan lokal bagi masyarakat sekitar belum memberikan nilai tambah (ekonomi) bagi masyarakat di sekitar sekolah. Studi ini menyimpulkan bahwa kebijakan pendidikan berbasis keunggulan lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan belum berhasil sebagaimana mestinya, tetapi tetap dilanjutkan walaupun kondisi lingkungan mengalami bencana banjir air rob setiap tahunnya.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPK 21:2 (2015)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015
Sumber Pengatalogan : LibUI indeng rda
ISSN : 02152673
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Volume : 21 (2) Agustus 2015. Hal. : 115-134
Tipe Konten : journal
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/181
Institusi Pemilik : perpustakaan Universitas Indonesia
Lokasi : perpustakaan UI, Lantai 4 (R. koleksi jurnal)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPK 21:2 (2015) 03-19-048003473 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428004