Efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika
Agus Heriyanto;
(Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015)
|
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif yang belajar dengan model PBL berbantuan Mind Map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL; 2) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi; 3) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan Mind Map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif; 5) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi; 6) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; 7) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas x. |
No. Panggil : | 370 JPK 21:3 (2015) |
Entri utama-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015 |
Sumber Pengatalogan : | LibUI indeng rda |
ISSN : | 02152673 |
Majalah/Jurnal : | jurnal Pendidikan dan Kebudayaan |
Volume : | 21 (3) Desember 2015. Hal. : 221-242 |
Tipe Konten : | journal |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | volume |
Akses Elektronik : | https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/188 |
Institusi Pemilik : | perpustakaan Universitas Indonesia |
Lokasi : | perpustakaan UI, Lantai 4 (R. koleksi jurnal) |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
370 JPK 21:3 (2015) | 03-19-558937112 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428044 |