:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Model ujian nasional berbasis komputer: Manfaat dan tantangan

Rogers Pakpahan; (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2016)

 Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji, menganalisis, dan menemukan hambatan pelaksanaan Uujian nasional berbasis komputer (UNBK). Hasil kajian menunjukan bahwa ujian berbasis komputer dapat dilaksanakan di seluruh wilayah atau satuan pendidikan bila didukung oleh perangkat komputer dan internet. Agar pelaksanaan ujian berbasis komputer dapat berjalan dengan lancar, satuan pendidikan harus menyiapkan perangkat keras, jaringan internet, dan jaringan lokal komputer. Selain itu, hasil kajian model ujian nasional berbasis komputer adalah menghemat biaya pengandaan naskah, keamanan naskah, memudahkan distribusi bahan, mudah menjangkau seluruh wilayah, keamanan, mudah proses penskoran, dan memungkinkan pencetakan sertifikat hasil ujian setelah ujian berlangsung. Hambatan model ujian berbasis komputer antara lain cakupan wilayah yang luas, perangkat keras, sarana internet, dan dukungan para pemangku kepentingan. Namun demikian, pelaksanaan ujian nasional dapat dilaksanakan di seluruh wilayah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa penerapan ujian nasional berbasis komputer secara langsung dalam wilayah terbatas baik kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional akan memotong rangkaian penyelenggaraan ujian nasional sehingga membantu pemangku kepentingan dan hasil ujian nasional berupa nilai dan sertifikat ujian nasional akan segera diperoleh atau dimiliki peserta didik setelah pelaksanaan ujian berlangsung, tidak seperti selama ini, dimana peserta didik harus menunggu lama untuk memperoleh hasil tersebut.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPK 1:1 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24608300
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1:1 April (2016) Hal. : 19 - 35
Volume : vol.1 no.1 th. (2016). Hal,: 19- 35
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacarier)
Akses Elektronik : https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/225
Institusi Pemilik : Perpustakaan Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPK 1:1 (2016) 03-19-253569891 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428431