:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kajian prasarana pendidikan sekolah dasar sebagai salah satu indikator pencapaian standar nasional pendidikan

Relisa; (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2016)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat ketercapaian standar prasarana pendidikan sekolah dasar di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil kajian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian prasarana pendidikan sekolah dasar mencapai 60,94%. Tingkat ketercapaian yang tegolong rendah ini antara lain disebabkan oleh masih minimnya prasarana yang dimiliki sekolah. Di samping itu, kondisi kualitas prasarana banyak mengalami kerusakan berat sehingga tidak layak untuk digunakan. Jenisjenis prasarana pendidikan yang ketercapaiannya di atas rata-rata meliputi ruang kelas, ruang pimpinan, ruang guru, dan tempat bermain. Sebaliknya, prasarana pendidikan yang ketercapaiannya di bawah rata-rata meliputi ruang UKS, ruang perpustakaan, dan jamban(toilet). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketercapaian prasarana pendidikan di kota Banjarmasin belum memenuhi persyaratan standar nasional pendidikan.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPK 1:1 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24608300
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1:1 April (2016) Hal. : 81 - 95
Volume : vol.1, no.1, th. (2016), Hal.: 81- 95
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacarier)
Akses Elektronik : https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/228
Institusi Pemilik : Perpustakaan Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPK 1:1 (2016) 03-19-345929606 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428461