:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Relasi kekuasaan dalam pembelajaran kimia pada SMA rintisan bertaraf internasional di Bali

I Gusti Lanag Wiratma; (Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relasi kekuasaan dan makna di balik fenomena yang terjadi pada pembelajaran kimia SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Provinsi Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis. Cara pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Instrumen yang di-gunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan daftar chek (check list). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pem-belajaran kimia belum dilakukan secara optimal karena sangat minim melakukan pembelajaran praktik di laboratorium. Hal ini disebabkan karena adanya hegemoni terstruktur yakni dari penguasa yang lebih tinggi ke penguasa yang lebih rendah, sampai pada siswa. Siswa tidak memeroleh pengalaman belajar yang maksimal seperti yang tertera di dalam kurikulum. Perkembangan kecerdasan siswa tidak se-imbang, lebih mengutamakan ranah kognitif dari pada afektif dan psikomotor. Kondisi ini tercipta kare-na adanya kepentingan politik pencitraan untuk mempertahankan status quo yang cenderung mengarah pada budaya komodifikasi pendidikan.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPP 48 (1-3) 2015
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 23017821
Majalah/Jurnal : Jurnal pendidikan dan pengajaran 48 (1-3) April 2015. Hal. : 9-14
Volume : vol 48 no 1- 3 Th 2015 Hal 9 - 14
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdcarrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPP 48 (1-3) 2015 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428943