:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengembangan tes keterampilan berpikir kreatif

I Wayan Redhana; (Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015)

 Abstrak

Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan mengem-bangkan tes keterampilan berpikir bebas konten yang dapat digunakan untuk mengukur keteram-pilan berpikir siswa. Untuk mengembangkan tes tersebut, penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall dilakukan. Tahap pengembangan pada penelitian ini sampai pada tahap uji coba terbatas. Hasil-hasil studi pustaka menunjukkan bahwa indikator atau skala keterampilan berpikir kreatif yang digunakan untuk menyusun tes keterampilan berpikir kreatif meliputi kelancaran, keaslian, dan keluwesan. Hasil-hasil studi lapangan menemukan bahwa beberapa guru tidak mengetahui jika terdapat tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif seseorang dan guru belum pernah membuat tes keterampilan berpikir kreatif. Tes keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan pada penelitian ini terdiri atas 18 butir soal. Uji coba terbatas tes menghasilkan satu butir soal direvisi, butir soal sisanya dapat dipakai. Reliabilitas tes sangat tinggi, yaitu dengan nilai r sebesar 0,880.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPP 48 (1-3) 2015
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 23017821
Majalah/Jurnal : Jurnal pendidikan dan pengajaran 48 (1-3) April 2015. Hal. : 27-34
Volume : vol 48 no 1-3 Th 2015 Hal 27 -34
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdcarrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPP 48 (1-3) 2015 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428948