Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Tipe Carrier : volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : xi, 73 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S65364 14-17-543744359 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20429228
 Abstrak
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai representasi perpustakaan umum dan fungsi perpustakaan umum yang terdapat dalam novel Libri di Luca. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian semiotik serta analisis sintagmatik dan paradigmatik Roland Barthes yang dikembangkan dari teori Ferdinand de Saussure. Analisis sintagmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir secara bersamaan, sedangkan analisis paradigmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir dan tidak hadir dalam teks melainkan dalam pikiran pembaca teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Libri di Luca menggambarkan fungsi perpustakaan umum sebagai fungsi rekreasi, informasi, dan fungsi perpustakaan umum yang digunakan sebagai tempat pertemuan.
ABSTRACT
This thesis discusses the representation of a public library and it?s function found in the novel Libri di Luca. This research uses qualitative approach with semiotic research method and Roland Barthes syntagmatic and paradigmatic analysis which are developed from Ferdinand de Saussure?s Theory. The syntagmatic analysis is used to analyse the relation that was concurrently present, whereas the paradigmatic analysis is used to analyse the relation that is not present in the text but in the mind of the readers. The result of this research indicates that the novel Libri di Luca describes the public library?s function as a recreation, information, and as a meeting place.;;