:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan perbaikan proses pengelolaan aset pada perguruan tinggi negeri = Asset management improvement design in public university

Mega Ilham Perkasa; M. Dachyar, supervisor; Yadrifil, examiner; Rahmat Nurcahyo, examiner; Farizal, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Proses pengelolaan aset di perguruan tinggi tidak memanfaatkan sistem informasi yang baik. Banyak proses yang masih dilakukan secara manual dan tidak terintegrasi secara otomatis menggunakan sistem. Selain itu pada perguruan tinggi juga tidak menerapkan sistem yang sudah ada secara ideal sehingga pelaksanaan dari sistem yang sudah ada tidak dapat berjalan dengan semestinya. Maka dari itu penelitian ini dikembangkan untuk menangani permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi dengan menggunakan metode business process re-engineering untuk mendapatkan perbaikan yang signifikan. Proses pengelolaan aset saat ini dan perbaikannya dipetakan dan dianalisis menggunakan unified modeling language (UML). Pada pembuatan proses perbaikan menggunakan hingga tiga alternatif dan 2 skenario pada masing-masing prosedur. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan proses baru yang disimulasikan menggunakan iGrafx untuk menguji proses perbaikan yang diusulkan. Dengan menggunakan waktu sebagai parameter utama, hasil simulasi penelitian menunjukkan pengurangan waktu pada Prosedur Penyediaan barang Habis Pakai/ATK Rutin mencapai 8,40%, Prosedur Pemeliharaan dan Perbaikan Fasilitas mencapai 10,68%, Prosedur Pencatatan Pengakuan Aset PTN BH mencapai 10,73%, Prosedur Penghapusan Barang Milik Universitas mencapai 34,72%, dan Instruksi Kerja Inventarisasi Aset PTN BH mencapai 27,97%.

ABSTRACT
The process of asset management at the public universitas did not take The Best practiec of information systems. Many processes are still done manually and not automatically integrated using the system. In addition, the public univerity also does not apply the ideal system that should implementated it causes the existing system may not run properly. Therefore this study was developed to solve the problems facing the public university by using business process re-engineering to gain significant improvements. The current process of managing assets and repairs mapped and analyzed using the unified modeling language (UML). When making to-be resercher uses up to three alternatives and two scenarios for each procedure. The results of this research is to design a new process which simulated using iGrafx to test the proposed improvements. By using time as the main parameter, the results of the simulation study showed a reduction in procedure time Procedure of Routine Consumable Goods/Staionery up to 8.40%, Procedures of Maintenance and Repair Facility up to 10.68%, Procedures of Registration/Recognition Public University Assets up to 10.73%, Procedure of Removal Assets Owned by Universities up to 34.72%, and Work Instructions for Asset Stocktaking in Public University up to 27.97%.

 File Digital: 1

Shelf
 S64547-Mega ilham perkasa .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S64547
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 164 pages : illustration ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S64547 14-17-791900283 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20429385